Apa Itu Cardio ? Latihan Yang Dilakukan Bruce Lee

Pada postingan sebelumnya kit amenyinggung soal Cardio, mungkin anda bertanya apa itu cardio...???, Cardio itu sering kita dengar dengan sebutan cardiovascular, kalau anda dari kalangan fitnes, istilah kardio itu mungkin sudah tidak asing lagi anda dengar, tapi bagi anda yang bukan dari kalangan GYM, anda akann kebingungan, apa an cardio....!!!

Kalau anda baru main fitnes, trus datang dan bengong karena anda orang baru dan bingung mau ngapain dan bingung mau mulai dari mana, trus misalnya teman anda yang sudah lama bilang, loe cardio aja dulu, trus tambah bingung lagi,,,cardio apa ya...???

Cardio itu berasal dari Cardiovascular, kata - kata ini berhubungan dengan 2 hal yakni pembuluh darah dan jantung, kalau cara kerjanya adalah cardiovascular system dalam hal ini jantung memompa darah setelah itu membiarkan darah mengalir ke seluruh tubuh membawa nutrisi melalui jalur arteri ke seluruh bagian yang bisa dia lewati termasuk juga oto, anda juga bisa merasakan efek dari cardiovascular itu lewat denyut nadi pada tangan anda, nah itu biasanya dijadikan sebagai penentu denyut nadi anda.




Kalau hubungan Cardiovascular dengan olahraga adalah karena selama ini banyak sekali penyakit yang ditakuti kebanyakan orang, termasuk juga penyakit jantung, karena sudah masuk keranah penyakit jantung, ya tentu saja ada hubunganya dengan tekanan darah, nah dengan cara melatih cardiovascular system itu dianalisa biasa menstabilkan tekanan darah, system peredaran darah, bisa juga memperkuat jantung dan paru - paru anda serta bisa juga melatih denyut jantung anda, yang tujuannya agar bisa terhindar dari serangan jantung mendadak.

Dasar dari latihan Cardio itu adalah diantaranya melibatkan otot besar yakni otot kaki secara keseluruhan, yang dapat membantu jantung untuk memompa darah, itulah sebabnya latihan bagian kaki itu adalah latihan pada tahap awal, karena latihan pada otot kaki itu akan membuat jantung anda bekerja dengan extra. Latihan Cardio sangat membutuhkan oksigen, nah oksigen yang kita hirup itu akan membantu jantung untuk dapat bertahan dan terus memompa darah. Kebutuhan kita terhadap oksigen itu dimanfaatkan untuk bisa memperbaiki kerja jantung.

Latihan Cardio itu juga akan sangat membantu anda dalam menguasai teknik beladiri yang anda pelajari, apakah itu teknik beladiri karate, teknik beladiri taekwondo, teknik beladiri wing chun, dan masih banyak lagi teknik - teknik beladiri yang lainnya

Dengan cara melakukan latihan Cardio itu maka anda bisa melakukan tes untuk mengetahui apakah denyut jantung anda normal atau tidak, mengukur denyut jantung itu dapat anda lakukan ketika tubuh anda dalam keadaan istirahat atau rilexs, 


Batas bawah 0.5 dan batas atas yaitu 0.85

Wanita ---> 226 - umur

Pria      ---> 220 - umur

contoh :
DONI, pria 21 tahun.
Hitung : 220 - 21 = 199

Batas terendah detak jantung = 0,5 x 199 = 100 / menit ( pembulatan keatas / kebawah )
Batas tertinggi detak jantung = 0,85 x 199 = 170 / menit ( pembulatan keatas / kebawah )

Jadi batas aman detak jantung DONI itu antara 100-170/menit.

Nah, Sekarang coba anda hitung denyut jantung anda sendiri....!!!

Lalu apa saja latihan cardio itu? kalau latihannya tadi sudah disinggung diatas, bahwa latihan cardio itu adalah latihan yang melibatkan otot besar ( kaki secara keseluruhan ) seperti:
  1. Joging
  2. Renang
  3. Jalan
  4. Bersepeda
  5. Senam
  6. Dan masih banyak lagi
Kegunaan dari latihan cardio itu adalah yakni memperkuat paru - paru, jantung dan membakar kalori yang ada dalam tubuh. Latihan cardio ini tidak membutuhkan tenaga ekstra dari otot tapi lebih mengarah kepada daya tahan serta keseimbangan pernapasan.

Sekarang anda sudah tau kan..???, jadi jangan melakukan olah raga itu asal - asalan, semua itu harus anda ketahui dulu ilmunya.



No comments:

Post a Comment