Pola Langkah Pada Beladiri Pencak Silat



Teknik Beladiri pencak silat yang ada dinusantara saat ini sangat banyak sekali namanya, karena dipengaruhi oleh kultur daerah masing - masing, sehingga namanya jadi berbeda, begitu juga dengan pola langkah dalam gerakannya ada 7 macam pola langkah yang ada dalam Teknik beladiri pencak silat ini mari kita simak ulasan berikut:

POLA LANGKAH PENCAK SILAT

1. Pola Lurus
Ini merupakan gerak langkah yang membentuk garis lurus apakah itu langkahnya maju, kesamping, mundur, tetap selalu membentuk garis lurus dan melakukannya dimulai dari salah satu kuda - kuda yakni kuda - kuda tengah

2. Pola Zig - zag
Gerak langkah ini seperti membentuk mata gergaji karena bentuknya agak miring, melakukannya dimulai dari sikap berdiri lurus dan melangkah serong kiri atau kanan.

3. Pola U
Pola langkah U ini kaki kiri dan kaki kanan saling mengikuti, melakukannya dari sikap berdiri dan kemudian menggerakan kaki kesamping kanan sambil diikuti kaki kiri dan kemudian merapat kembali, begitu juga sebaliknya, apakah itu langkah kesamping kiri, maju dan langkah mundur, melakukannya seperti itu.




4. Pola Segi Tiga
Melakukannya mulanya berdiri tegak lurus ditik 0 kemudian geser kaki kanan anda ketitik 1 dan ikuti kaki kiri ketitik 2, lanjutkan ketitik 4 terus ketitik 5 dan 6 ( berat badan ada pada titik 6 ), tarik kaki kanan anda ketitik 7. agak bingung ya,,,,!!!, mudah saja, bayangkan saja titik antara titik 0, 1 dan 2 adalah berbentuk segi tiga.

5. Pola S
Melakukannya dengan posisi titik menghadap seperti arah yang ditunjukan, kemudian geser kaki kanan kearah berat badan, wah yang ini agak bingung juga menjelaskannya dengan tulisan ya, Ntar saya cari videonya dech.

6. Pola Segi Empat
Nah, yang ini melakukannya agak mudah yakni dengan mengkombinasikan kuda - kuda saja ( kuda - kuda tengah, kesamping dan belakang.

7. Pola Segi Empat Silang
Pola langkah ini juga agak bingun menjelaskannya dengan tulisan

Sudah tau kan?, pola langkah dalam Teknik beladiri pencak silat, nanti kalau ada yang salah silahkan dikomentar saja biar bisa diperbaiki, karena saya juga belum terlalu lama belajar pencak silat, jadi harap dimaklum saja

No comments:

Post a Comment