Bagian V: Beladiri Pencak Silat Sunur - Pariaman - Sumatera Barat - Part 2



Lama Sudah tidak posting, kali ini saya akan kembali melanjutkan materi dari teknik beladiri pencak silat ini. 

Cara Melakukan Pukulan dan Tangkisan dalam Teknik beladiri pencak silat

Contoh A dan B sama - sama berdiri pada posisi Serong Kanan

1. A menggayung B dengan kaki kiri dan kemudian B menyambutnya dengan tangan kanan dan kembali ke posisi curie kanan dengan cara kaki kanan dibawa kebelakang

2. A meninju dengan tangan kanan dan B menyambut dengan tangan kiri dari posisi curie kanan kembali menuju posisi serong kiri berlutut dengan cara balik kanan

3. B memukul dengan tangan kanan dengan langkah kedepan dan A menyambut dengan tangan kanan dari serong kiri menuju ke curie kanan, dengan cara bahu B dipukul dengan tangan kanan ketika itu kaki kiri ditarik dan badan diputar kekiri selanjutnya kaki kiri diluncurkan ke arah B




4. A curie kanan berlutut sedangkan B serong kanan berdiri, B menggayung dengan kaki kiri kemudian A menangkis menggunakan kaki dengan cara membaling telentang posisi selanjutnya Serong kanan duduk

5. B menggayung dengan kaki kiri dan B menangkis dengan kaki kiri, dengan cara menerjang pangkal paha kaki yang menggayung itu dan kaki kanan mengait kakanan B hingga B terjatuh posisi selanjutnya curie kiri.

6. A serong kiri berdiri dan B curie kiri duduk ketika itu A menggayung dengan kaki kanan dan B menangkis dengan kaki kiri dengan cara membaling telentang posisi selanjutnya serong kiri duduk

7. A menggayung dengan kaki kanan dan B menangkis dengan kaki kanan dengan cara menerjang dengan kaki kanan hingga tiba pada pangkal paha kaki yang menggayung itu dan kaki kiri dikaitkan pada kaki kiri B hingga jatuh.

8. B curie kanan berlutut dan A serong kanan berdiri, pada waktu itu A menggayung B dan B menangkis dengan cara membaling dengan kaki kanan telentang.

9. B curie kanan berlutut dan A serong kanan berdiri ketika itu A menggayung dan B menangkis dengan cara menebang kaki kanan, A dengan kaki kanan kebelakang ketika itu A menjatuhkan kaki kirinya kedepan hingga tiba pada samping kanan badan B dan A membuat posisi berlutut.

10. A serong kiri berlutut dan B curie kanan duduk, ketika itu A meninju B dan B menangkis dengan tangan kanan dengan cara ketika ditinju badan diputar balik kiri, tangan kanan dipukulkan tiba pada pangkal lengan kiri A.

11. B berbaring dan A serong kanan berlutut berada dibagian atas dari pusat disebelah kiri, ketika itu A meninju B, dan B menangkis dengan cara ketika ditinju tangan kanan dipukulkan pada bahu kiri B dan Siku kiri ditumpukan pada kaki B dan badan diputar kekiri selanjutnya badan diluncurkan kebawah.

12. A curie kanan berlutut dan B serong kanan berdiri ketika itu B menggayung dengan kaki kiri, kemudian A menangkis dengan cara ketika digayung oleh B maka badan dibungkukkan kedepan dan kaki kanan disepakkan ke kebelakang hingga tiba pada kaki kanan B dan B menjatuhkan kaki kirinya kesamping depan dan B menjatuhkan kaki kririnya kedepan pada samping kanan A dan ditambah satu langkah denagn kaki kanan ketika itu badan badan diputar balik kiri tangan kanan ditangkapkan pada leher A dan bahu kanan A ditekan dengan tangan kiri.

13. B serong kiri berdiri dan A bujur kanan ketika itu B menggayung A dan A menangkis bujur kembali ke bujur kaki tidak berubah dengan cara ketika sebelum digayung badan dimiringkan kekiri seolah - olah kita jauh dari B, ketika digayung tangan kanan dipukulkan dengan ayunan badan selanjutnya kembali ke serong kanan.

14. B ketika menggayung dipukul dadanya denagn tangan kanan ditangkis dengan cara tangan yang memukul itu ditepuk dua belah tangan didepan dada dengan maksud menangkap, ketika itu kaki kanan ditarik dan tergantung diwaktu tangan A ditariknya, maka kaki kanan dilangkahkan kedepan dan kedua tangan ditangkapkan pada leher A.

15. A lehernya dalam keadaan tertangkap posisi serong kanan dan B yang sedang menangkap posisi serong kanan A harus melepaskan dengan cara:

Diguyu kedua tangan diajukan kedepan dada B dengan isarat akan ditinjukan
Tangan kanan "disiponggok" kaki kiri diangkat dan badan diputar kekiri siku kanan dipukulkan dan kaki kiri diluncurkan melalui belakang kaki kanan ketika itu tangan kiri B ditangkap dengan cara dijepit dengan pangkal lengan kanan.

16. A Curie kiri berdiri dan badan diayunkan kedepan seolah olah B jauh karaknya dan tangan kanan disikudidi B serong kiri ketika itu B menggayung A dan A menangkis dengan cara ketika B menggayung badan diputar balik kanan dan tangan kiri tiba pada pinggul dan tangan kanan pada lehernya, ketika itu juga kaki kiri dilangkahkan kedepan jika perlu B dibantingkan kebelakangnya.

17. Apabila hal itu terjadi seperti diatas dapat diatasi denagn cara ketika A balik kanan B harus menarik kaki yang digayungkan itu hingga tergantung dan tangan kanan A disambut dengan dua tangan dengan cara ditepuk dan badan diputar kekanan kaki kanan yang sedang tergantung itu dujatuhkan pada samping kanan dan selanjutnya dapat pula kedua tangan A ditangkapkan pada leher B dan dapat dilanjutkan seterusnya "asal dalam barih jo balabeh asal dalam cupak jo gantang"

Sekarang kita akan masuk ke latihan Fisik

1. Latihan Fisik
A. Cara Menguasai Berat Tubuh
  • Berdiri dengan satu kaki selanjutnya melompat - lompat kedepan dan kebelakang ditambah dengan melompat kesamping kiri dan kanan lakukan ini secara rutin dan bergantian setiap hari.
  • Menendang kedepan dan belakang, dan upayakan dalam melakukan latihan ini dengan teman, ketika anda menendang kebelakang maka teman tadi mendorong dari arah belakang dan upayakan jangan sampai jatuh
  • Menendang, menggayung dan "membaling" lakukan gerakan ini dalam air setinggi pinggang, misalnya dalam sungai
  • Meninju, menebang dan memukul dalam air
  • Menyepak, pada waktu melakukannya kedua tangan ditumpukan pada tanah "yaitu dari berdiri menyepak menelungkup kedua tangan menumpu pada tanah" dengan cara bergantian.
  • Posisi curie duduk membaling telentang dari kiri kekanan dan dari kanan ke kiri yakni curie duduk kembali ke serong duduk
Selanjutnya nanti kita akan bahas mengenai senjata tajam,,,salam teknik beladiri ( martial arts ), teknik beladiri yang satu ini sangat bagus namun tidak dipertandingkan karena teknik beladiri pencak silat yang tulis ini sangat berbahaya kalau dipertandingkan.



No comments:

Post a Comment