Bagian V:Beladiri Pencak Silat Sunur - Pariaman - Sumatera Barat - Part 1



Kita akan kembali melanjutkan Teknik beladiri pencak silat, kali ini kita akan masuk kedalam Bagian Lima.

Teknik Memukul
  1. Pada bagian 3 telah dijelaskan dan disini akan lebih dijelaskan lagi, yang dimaksud tiap - tiap memukul kita mendekati yang dipukul, hingga berat badan pun ikut serta kepada yang dipukul itu.
  2. Ketika memukul nafas ditahan, hingga berat badan dapat dikumpulkan pada yang dipukulkan itu.
  3. Tiap - tiap memukul harus memilih bagian yang lemah pada target yang dipukul itu.
  4. Sebelum memukul terlebih dahulu telah memiliki perhitungan yang matang, jika datang pukulan, diwaktu memukul dan berubah posisi kemana dan begitu pula pukulan apasaja yang mungkin terjadi dari lawan.
  5. Tiap - Tiap memukul berat badan harus dapat dikuasai, misalnya diwaktu memukul dengan kaki pada waktu memukul tidak tiba pada sasarannya, hingga badan kita terbawa oleh kaki yang dipukulkan itu, seharusnya tidak terjadi apa - apa tetap berdiri dengan kuat.
  6. Tiap memukul dengan kaki pada waktu posisi serong atau bujur harus dengan bagian belakang.
  7. Tiap memukul dengan kaki diwaktu posisi kuda - kuda Curie harus dengan kaki yang dicuriekan itu.
  8. Tiap memukul harus ditarik kembali kecuali ditangkap lawan dan itu harus dilepaskan dengan pukulan.
  9. Tiap sesudah memukul harus membuat posisi yang betul sesuai dengan bentuk posisi yang telah dijelaskan.



Teknik Menangkis dan Menyambut
1. Teknik menangkis pada bagian III dan pada bagian lima ini akan lebih dijelaskan lagi, yang dimaksud dengan menangkis dan memukul adalah:
  • Menangkis dengan cara memukul dengan tangan
  • Menangkis dengan cara meninju
  • Menangkis dengan cara menggayung dengan kaki
  • Menangkis dengan cara menendang
  • Menangkis dengan cara membaling dengan kaki

Hanya bedangnya dengan memukul adalah menangkis harus berdasarkan pukulan itu dari arah mana datangnya.

2. Teknis menangkis juga sudah dijelaskan pada bagian III, dikatakan menangkis dengan sekaligus mengelak, ini wajib hukumnya yang dimaksud dengan mengelak adalah
  • Mengelak dalam arti kata yang seluas - luasnya hingga berubah dari titik berdiri semula dan tidak keluar dari pelajaran pencak silat ini.
  • Tiap menangkis harus merubah posisi misalnya dari serong ke posisi bujur atau dari curie ke posisi serong atau dari serong kiri menjadi posisi serong kanan.

3. Penjelasan Teknik Menangkis
Tiap - tiap menangkis tidak boleh melawan arah, diharuskan datangnya tangkisan searah, setidaknya - tidaknya dari samping atau dari atas atau dari bawah.

4. Penjelasan Teknik Menyambut
A. Teknik menangkis menyambut sama dengan menangkis yakni tiap - tiap menyambut tidak boleh berlwanan arah, harus searah, Contoh:
  • Ketika posisi serong kiri digayung dengan kaki, ketika gayung itu hampir tiba, maka tangan kiri diayunkan dengan cara serong dari arah lawan, seolah - olah datangnya tangan itu searah dengan datangnya kaki dan tangan kiri itu tiba pada tumit, kaki yang disambut dan tangan kanan tiba diatas punggung kaki itu juga dan kaki yang disambut itu dirapatkan pada perut kita.
  • Ketika posisi bujur kanan ditusuk dengan pisau sasaran rusuk kanan,  tangan kanan diayunkan dari atas kebawah dan kaki dimundurkan tersendirinya tibanya tangan yang menyambut serong hampir searah.
  • Kesimpulan tiap - tiap menyambut tangan atau kaki, yang menyambut datangnya harus searah tidak boleh berlawanan arah.




No comments:

Post a Comment