Bagian IV: Beladiri Pencak Silat Sunur - Pariaman - Sumatera Barat - Part 3



Postingan Kali ini kita kembali melanjutkan materi dari Teknik beladiri pencak silat sunur pariaman - sumatera barat, yang sebelumnya sempat saya alihkan kepada postingan yang lain, sekarang kita masuk kepada sub judul pada bagian IV ini.

Cara Menangkis Dan Menyambut Pada Waktu Posisi Berbaring

Serong Kiri Lawan Berada Dibawah Dari Pada Pusat
1. Menangkis terjang kaki kanan dengan cara: Kaki kanan diterjangkan pada pangkal paha kaki yang menerjang tersebut dan kaki kiri ditarik

2. Menangkis pukulan kayu dengan tangan caranya: Kaki kanan diterjangkan pada pangkal lengan yang memukul itu dan kaki kiri ditarik.

 Serong Kanan Lawan Berada Dibawah Dari Pada Pusat
1. Menangkis terjangan kaki kiri dengan cara: Kaki kiri diterjangkan pada kaki yang menerjang itu hingga tepat pada pangkal pahanya dan kaki kanan ditarik.




2. Menangkis Pukulan Kayu Dengan Tangan Caranya: Kaki kiri diterjangkan pada ttangan yang memukul itu hingga tepat pada pangkal lengannya dan kaki kanan ditarik

Serong Kiri Lawan Berada Diatas Dari Pada Pusat
1. Menangkis terjang, lawan berada di samping kiri dengan cara: Kedua tangan posisi "Siponggok", Ketika diterjang badan diputar kekiri, ketika itu siku tangan kiri ditumpukan pada kaki yang tidak menerjang dan siku kanan memukul betis kaki itu juga dan badan diluncurkan kebawah selanjutnya membuat posisi berlutut.

2. Menangkis terjang, lawan berada pada samping kanan dengan cara: Kedua tangan dalam keadaan posisi "Siponggok", ketika diterjang badan diputar kekanan, ketika itu siku kanan ditumpukan pada kaki yang tidak menerjang dan siku kiri dipukulkan pada betis kaki itu juga dan badan diluncurkan kebawah selanjutnya membuat posisi berlutut.

3. Menangkis tinju, lawan berada pada samping kiri dengan cara: tangan kiri pada posisi "Siponggok" dan tangan kanan lurus menurut badan, kaki kanan tegak lutut, ketika ditinju tangan kanan dipukulkan tiba pada bahu lawan, badan diputar kekiri, siku kiri ditumpukan pada kaki lawan, selanjutnya badan diluncurkan kebawah membuat posisi berlutut.

4. Menangkis tinju, lawan berada disamping kanan dengan cara: tangan kanan dengan posisi "Siponggok" dan tangan kiri lurus menurut badan dan kaki kiri tegak lutut, ketika ditinju tangan kiri dipukulkan tiba pada bahu lawan dan badan diputar kekanan, siku kanan ditumpukan pada kaki lawan dan badan diluncurkan kebawah membuat posisi berlutut.





No comments:

Post a Comment