Metode Latihan Tenaga Dalam 3



Kali ini kita akan membuka metode yang ke tiga dalam tenaga dalam, pada metode yang ke 3 ini banyak juga yang menggunakan, yakni dengan cara pengambilan nafas melalui hidung dan mengeluarkannya melalui mulut, jadi pada cara yang ke tiga ini ada persamaannya dengan cara yang pertama.

Bila kita mempelajari cara yang pertama ini maka akan membuat badan kita menjadi segar sepanjang hari dan badan terasa lebih ringan serta memiliki semangat yang tinggi.

Walaupun demikian pada cara yang ke tiga ini juga memutuhkan ketekunan serta kesabaran, mari kita mulai latihannya.

Kita berdiri dengan tegap dan kedua kaki agak direnggangkan, tapi jangan kaku, karena kalau kaku akan mengganggu gerakan anda nantinya.

Kemudian angkat kedua tangan anda keatas pinggang dibawah ketek dengan jari - jari tangan terbuka serta telapak tangan menghadap keatas. Sekarang tarik nafas panjang dan tahan sebentar kemudian hembuskan pelan - pelan sambil kedua tangan melakukan gerakan menekan kebawah, jadi seakan - akan menekan sesuatu yang berat kebawah. Jadi mendorong kebawah harus kuat dan bertenaga. Lakukan gerakan ini sampai kedua telapak tangan lurus kebawah.




Gerakan tangan harus seirama dengan hembusan dan tarikan nafas anda, ulangi hal ini sampai tiga kali setelah itu lakukanlah dorongan kedepan dengan telapak tangan terbuka setengah mencengkram sesuatu yang keras, jadi harus bertenaga serta kuat.

Gerakan ini harus disertai dengan pernapasan dan tahan 5 detik dan kemudian tarik lagi nafas yang kedua telapak tangan terletak disamping kedua telinga anda.

telapak tangan sekarang berganti posisi denga jari tengah sampai kelingking saling menutup sedang jari telunjuk diacungkan ketaas sambil mengerahkan semua tenaga anda pada kedua belah lengan anda serta lakukan dorongan kesamping kanan dan kiri sambil menghembuskan nafas.

Awalnya anda melakukan ini akan terasa sangat sakit pada kedua lengan, terutama urat - urat telapak tangan dan urat siku serta kensang karena gerakan anda tersebut setelah terlatih lama - urat - urat tersebut akan terasa lemas.

Sekarang tahan sebentar, tarik nafas yang panjang dan disertai tarikan nafas kedua dan kedua tangan kembali pada posisi semula.

Lakukan sampai 3 kali dan sekarang lakukan dorongan kedepan dengan kedua tangan terbuka setengah mencengkram manjadi saling menutup pada kelima jari - jari sehingga berbentuk seperti paruh burung, ujung jari kanan dan ujung jari kiri saling berhadapan, pada waktu merubah posisi jari - jari tangan tidak berubah, gerakan ini disertai hembusan nafas dari hidung, Geseran tangan ini tidak terlalu lebar, sikap kedua belah tangan ini membentuk segitiga.

Tahan dan rubah posisi jari - jari tangan menjadi sikap mencengkram sesudahnya tarik nafas panjang disertai tarikan kedua, kedua tangan kebelakang kembali keposisi semula pada bawah ketek.

Dari tempat semula tahan sebentar hembuskan nafas dengan disertai gerakan kedua tangan melakukan dorongan kebawah sampai kedua tangan lurus.

Lakukan hal ini berkali - kali sesuai dengan urutan yang pertama sampai pada yang terakhir

Setiap anda selesai melakukan latihan ini, maka berdirilah dengan tegap menghadap kearah barat, tarik nafas panjang - panjang dan langkahkan kaki kanan anda maju kedepan, putar badan anda menghadap keutara dengan posisi kaki tetap, lekuk pinggang anda kekanan dan dorongkan tangan anda kedepan, tangan kanan berada dibawah tangan kiri, ketika melakukannya hembuskan nafas anda melalui hidung, dengan demikian maka badan anda menjadi melengkung kedepan.

Gerakan ini sangat mudah dilakukan, tapi untuk awalnya anda merasakan sakit pada pinggang, namun itu hanya sebentar saja, Sekarang tarik nafas panjang dan langkahkan kaki kanan serta kedua tangan ditarik kembali pada posisi semula.

Dari posisi yang semula, lakukanlah gerakan ini berulang dan berganti antara kanan dan kiri.

Manfaat dari latihan ini adalah bisa menguatkan jantung dan meperkuat kaki

Selanjutnya adalah berdiri tegap dan kedua kaki rapat, kedua tangan menempel didada, kemudian tarik nafas serentak dengan itu lakukanlah lompatan keudara, ketika kaki anda menyentuh lantai maka nafas langsung dihembuskan, ulangi lompatan ini berkali - kali.




No comments:

Post a Comment