Bagian IV: Beladiri Pencak Silat Sunur - Pariaman - Sumatera Barat - Part 1



Kita kembali melanjutkan tentang Teknik beladiri pencak silat sunur ( Silek Tuo Minangkabau ), kita masuk kepada keterangan posisi berlutut, posisi duduk dan posisi berbaring

Ada 4 Bagian posisi
1. Bagian posisi tegak berdiri
2. Bagian posisi tegak berlutut
3. Bagian posisi tegak duduk
4. Bagian posisi tegak berbaring

Ada 3 Macam posisi
1. Serong = Serong kiri dan serong kanan
2. Bujur = Bujur kiri dan bujur kanan
3. Curie = Curie kiri dan curie kanan

Pada Bagian I, II dan III sebelumnya sudah disampaikan tentang Bagian Posisi Tegak Berdiri dan sekarang kita akan sampaikan poin ke 2 sampai poin 4




Bagian Posisi Tegak Berlutut
Pada bagian posisi tegak berlutut ini ada 2 macam yakni:

1. Serong yakni serong kiri dan kanan
2. Curie yakni curie kiri dan curie kanan

Masing - masing bentuk posisi tegak berlutut sama dengan bentuk posisi tegak berdiri, bedanya berdiri dengan berlutut.

Penjelasan:

A. Serong Kiri
Kaki kiri didepan tegak lutut dan kaki kanan dibelakang dan lutut bertumpu pada tanah dan bahu kanan mengarah kepada lawan

B. Serong Kanan
Kaki kanan didepan tegak lutut dan kaki kiri dibelakang lutut yang bertumpu pada tanah dan bahu kiri mengarah kepada lawan.

C. Curie Kiri
Kaki kiri didepan tegak lutut ( lawan dibelakang kita ), dan kaki kanan dibelakang serta bahu kiri mengarah kepada lawan dan pandangan mata kepada lawan melalui bahu kiri.

D. Curie Kanan
Kaki kanan didepan tegak lutut ( lawan dibelakang kita ), dan kaki kiri dibelakang lutut kanan yang bertumpu pada tanah, bahu kanan mengarah kepada lawan dan pandangan mata melalui bahu kanan.


Bagian Posisi Tegak Duduk
Pada bagian posisi ini juga ada 2 macam yakni sebagai berikut:

1. Serong yakni Serong kiri dan serong kanan
2. Curie yakni Curie kiri dan curie kanan

Penjelasan:

A. Serong Kiri
Pinggul duduk pada tanah, kaki kiri sedikit lurus kedepan dan kaki kanan tegak lutut dan kedua tangan bertumpu pada tanah.

B. Serong Kanan
Pinggul duduk pada tanah dan kaki kanan sedikit lurus kedepan sedangkan kaki kiri tegak lutut dan kedua tangan bertumpu pada tanah.

C. Curie Kiri
Kaki kanan sedikit lurus kearah lawan, badan miring dan bahu kiri kearah lawan sedangkan kaki kiri setengah terlipat dan kedua tangan bertumpu tanah, posisi lawan berada dibelakang dan pandangan mata kepada lawan.

D. Curie Kanan
Kaki kiri sedikit lurus kearah lawan, badan miring bahu kanan kearah lawan dan kedua tangan bertumpu pada tanah dan kaki kanan setengah terlipat dan lawan berada dibelakang, pandangan mata kepada lawan.


Bagian Posisi Tegak Berbaring
Pada bagian posisi ini cuma ada 1 macam saja yakni:

1. Serong yakni serong kiri dan serong kanan

Penjelasan:

A. Serong Kiri
Badan berbaring telentang, kaki kanan setengah terlipat dan kaki kiri lurus kearah lawan dan pandangan mata kepada lawan.

B. Serong Kanan
Badan berbaring telentang, kaki kiri setengah terlipat dan kaki kanan lurus kearah lawan dan pandangan mata kepada lawan.

Mengawali Bagian IV ini saya jelaskan tentang posisi, dan selanjutnya nanti saya akan jelaskan tentang menangkis dan memukul ketika kita berada pada posisi yang demikian, salam martial arts.



No comments:

Post a Comment