Latihan Fisik Untuk Beladiri Taekwondo



Jumpa lagi dengan saya blogger pemula, kali ini masih dalam teknik beladiri taekwondo, yang sebelumnya kita sudah mempelajari tentang teknik tendangannya dan sekarang kita akan masuk ke latihan fisik untuk taekwondo, kalau anda mau sukses di beladiri ini silahkan ikuti cara yang akan saya sebutkan dibawah ini.


Latihan Fisik Taekwondo
Pada teknik beladiri taekwondo ada 3 faktor yang dapat menentukan kemenangan adalah:

1. Teknik
2. Mental
3. Fisik

Bisa dikatakan percuma kalau teknik dan mental bagus namun fisiknya tidak bagus misalnya anda terlalu kurus atau terlalu gemuk karena tidak ada pengaturan yang baik dan benar pada diri anda, nah disini kita akan mencoba mencari tau bagaimana pengaturan yang benar.

Latihan fisik memang dibutuhkan namun tidak bisa sembarangan juga dalam latihan, salah dalam latihan tidak akan ada hasilnya, mari kita lihat kembali buku - buku lama atau catatan - catatan lama mungkin masih ada yang terlupa, mari kita lihat:




A. Pola Makan
Sengaja saya tempatkan pola makan menjadi yang pertama karena pola makan dapat menentukan kebugaran fisik anda, anda bisa saja makan sampai 5 kali sehari tapi makan malam tidak boleh lewat dari jam 7 malam, karena kalau anda makan lewat dari jam 7 malam maka apa yang anda makan akan menjadi lemak, pada siang hari anda makan sampai 5 kali dan anda rutin latihan setiap hari maka semua kalori akan terbakar dengan menjalani olah raga dan jangan lupa juga anda untuk mengkonsumsi vitamin C, anda tau kan kalau vitamin tidak dihasilkan oleh tubuh maka harus ada input kedalam tubuh.

B. Kelincahan
Untuk latihan yang satu ini harus dilakukan dengan teratur, bisa dibuat misalnya 6 kali dalam seminggu, latihannya adalah Skipping ( Lompat Tali ) dengan berbagai macam gaya minimalnya adalah 100 kali lompatan tanpa putus - putus setelah itu istirahat dan kemudian bisa dilanjutkan kembali.

C. Kecepatan
Pada latihan kecepatan bisa dilakukan dengan latihan Lari Sprint 100M tapi hitung waktunya ya, upayakan ada peningkatan waktu setiap latihan, latihan ini akan membantu untuk kecepatan dalam menendang dan juga gerak reflek.

D. Daya Tahan Otot
Pada teknik beladiri taekwondo tujuan dalam latihan adalah untuk melatih daya tahan otot bukan untuk membesarkan otot, karena teknik beladiri taekwondo bukanlah binaraga. Bagi anda yang dibawah umur 17 tahun dapat dilakukan push - up, minimalnya adalah 25 kali dan istirahat 1 atau 2 menit dan bisa dilanjutkan kembali. Intinya adalah bukan berapa banyaknya push up yang anda lakukan dalam 1 hari tapi berapa lama istirahat yang anda lakukan pada push up tahap 1 menuju tahap 2 dan seterusnya, 

Akan jadi percuma anda push up 1000 kali tapi anda melakukannya dicicil pagi siang dan sore hari, lebih baik anda melakukan 100 kali tapi istirahatnya teratur misalnya anda melakukan push up tahap 1 sebanyak 25 kali dan kemudian anda istirahat 2 setelah itu anda lanjut kembali 25 dan kemudian anda istirahat lagi 2 menit begitu seterusnya.

Latihan selanjutnya adalah Sit Up dan Back Up metodenya sama dengan push up.

Demikian latihan fisik teknik beladiri taekwondo kali ini, besok kita akan lanjutkan dengan materi yang lain, agar pengetahuan anda bertambah dan juga bagi yang lupa bisa ingat kembali, salam sukses selalu dari saya blogger pemula untuk anda semua



No comments:

Post a Comment