Melatih Kekuatan Tendangan Taekwondo



Salam jumpa lagi dengan saya blogger pemula, kali ini kita akan masuk sebuah kota yang diberi julukan negeri ginseng, yakni Korea, ya korea...!!!, dikorea ada teknik beladiri yang sangat terkenal keberbagai penjuru dunia yakni teknik beladiri taekwondo, taekwondo kalau dalam pertandingan kita lihat lebih dominan main kaki ketimbang main pukulan tangan, ketika kaki pemain menendang lawannya maka lawan bisa jatuh pingsan atau pusing, itu artinya tendangan yang dimiliki oleh taekwondo adalah sangat bagus, apakah itu dalam tekniknya hingga kekuatan dari tendangan itu sendiri, tentunya butuh latihan khusus atau latihan yang rutin untuk mendapatkan tendangan yang seperti itu, berikut ini kita akan bahas mengenai latihan untuk kekuatan tendangan pada teknik beladiri taekwondo.

Latihan Kekuatan Tendangan Taekwondo
Yang perlu dilakukan untuk melatih tendangan itu agar kuat adalah sebagai berikut:
1. Lari - lari ditempat dan kaki diangkat sampai ke dada
2. Squat - jongkok berdiri tendang - jongkok berdiri tendang dst, cara yang satu ini sangat pas sekali untuk melatih kekuatan kaki, tapi jangan terlalu berlebihan karena nanti bisa turun berok.
3. Menglang satu tendangan hingga berkali - kali.
4. Mencoba menahan tendangan - misalnya tendangan kesamping ( setelah kaki anda lurus dan coba tahan gerakan tersebut selama mungkin )
5. Joging ( lari pagi )




Selain kekuatan disamping itu kelenturan kaki juga mendukung untuk kekuatan tendangan, beberapa latihan yang bisa dilakukan untuk hal tersebut adalah sebagai berikut:

a. Cium lutut posisi kaki tetap lurus ( pada posisi berdiri atau posisi duduk )
b. Pada posisi duduk dilantai luruskan kaku kanan anda dan lipat kesamping kaki kiri anda dan kemudian cium lagi lutut kanan dan juga cium lutut kiri, lakukan hal tersebut secara bergantian
c. Split, dengan latihan split maka kaki anda juga akan lentur, namun latihan yang satu ini jangan terlalu dipaksakan langsung hingga terbuka lebar untuk anda yang masih pemula, lakukan split secara bertahap hingga anda benar - benar bisa dan tidak merasa sakit lagi pada selangkangan.
d. Mengayunkan kaki kedepan hingga menyentuh dada, lakukan secara bergantian kanan dan kiri.

Latihan tersebut bila anda rutin dalam melakukannya maka sudah bisa dipastikan anda bisa melakukannya hingga benar - benar berhasil, namun apapun itu bentuk latihannya maka jangan terlalu dipaksakan karena ingin cepat menguasainya, itu artinya anda telah salah dalam menjalankan pola latihan, mana ada ilmu teknik beladiri yang didapat dengan instan, melakukan sesuatu itu harus melalui proses yang cukup dan dengan keseriusan,

Demikian dulu postingan kali ini, semoga dapat membantu latihan anda dan juga dapat menambah pengetahuan anda tentang teknik beladiri taekwondo, salam sukses selalu dari saya blogger pemula untuk anda semua.



No comments:

Post a Comment