Bruce Lee : Berlatih Beladiri Jeet Kune Do 3



Salam sehat selalu kepada seluruh para pencari dan penjelajah internet, sebelumnya kita sudah membuka mengenai Prinsip dari teknik beladiri Jeet Kune Do dan sekarang kita coba masuk kedalam nya lagi yakni tentang gerakan namun sebelum itu kita refresh dulu kedalam jeet kune do, kita coba langsung saja masuk kedalamnya.

Jadilah Seperti Air
Bruce Lee Meyakini bahwa sistem dari teknik beladiri harusnya fleksibel. dan ia sering menggunakan air sebagai sebuah perumpamaan untuk menjelaskan mengapa fleksibilitas adalah sifat yang sangat dibutuhkan dalam teknik beladiri. 

Dan Airlah yang memiliki fleksibilitas yang tak terbatas itu karena air itu terlihat transparan namun disaat yang lain ia bisa menyembunyikan sesuatu dari penglihatan kita. Dan Dia dapat terpecah serta mengalir kesegala arah dan kemudian bergabung pada sisi yang lain atau dia dapat menyusup kepada suatu tempat dan dia juga dapat mengikis batu yang keras dengan tetesan lembut padanya atau dapat mengalir melewati kerikil kerikil kecil. Itulah yang diyakini Bruce Lee bahwa sistem beladiri harus memiliki sifat tersebut. 

Praktisi Jeet Kune Do menolak sistem latihan tradisional baik itu gaya bertarung dan ilmu pendidikan confucian "Confucian pedagogy" yang di gunakan pada Kebanyakan sekolah teknik Beladiri kung fu tradisional oleh karena itu kung fu memiliki kekurangan pada fleksibilitasnya. 




Bruce Lee menjadikan teknik beladiri Jeet Kune Do sebagai sebuah konsep yang dinamis dan dapat selalu berubah, dengan demikian Jeet Kune Do itu menjadi sangat fleksibel ”memahami apa yang berguna dan mengabaikan yang tidak bergua” ini adalah sebuah kutipan kalimat yang seringkali diucapkannya dalam peribahasa. para Praktisi atau Murid Jeet Kune Do dengan sangat giat belajar setiap bentuk dari semua pertarungan. karena hal itu dipercaya akan memperluas pengetahuan seseorang pada sistem pertarungan yang ada serta untuk menerapkan berbagai teknik pada seseorang karena itu adalah guru terbaik bagaimana cara mengetahui untuk melindungi diri melawan teknik yang demikian.

Gerakan
Para raktisi atau murid Jeet Kune Do biasanya ketika bertarung mereka tidak akan memboroskan waktu, tenaga atau gerakan disamping itu juga pada saat berada pada suatu pertarungan praktisi atau pelajar Jeet Kune Do bahwa suatu yang paling sederhana itu adalah yang akan menjadi yang terbaik.

1. Menghambat Pukulan Dengan Tendangan
Maksudnya adalah ketika lawan hendak melakukan serangan praktisi jeet kune do akan menghambat lawannya dengan sebuah serangan sebagai ganti dari blokiran sederhana. Keahlian beladiri seperti ini yang tersulit dan dikembangkan serta dipelajari oleh Bruce Lee. teknik seperti ini bisa merupakan karakteristik dari beberapa seni bela diri cina namun bisa juga diterapkan pada beberapa bela diri lainnya.

2. Mengelak Sekaligus Memukul
Ketika praktisi jeet kune do berada pada suatu pertarungan dan ketika dia mendapat serangan lalu kemudian dielakan atau di belokan dan kemudian melakukan serangan balasan hal itu dilakukan bersamaan pada saat yang sama juga. Tidak hanya sekedar menghentikan pukulan namun lebih efektif dari pada sekedar blokiran dan serangan balasan. cara seperti ini di pelajari dari beberapa teknik beladiri cina.

3. Tidak Hanya Tendangan Tinggi
Para praktisi Jeet Kune Do meyakini bahwa mereka hendaknya mengarahkan sasaran tendanganya pada tulang kering lawan, lutut, paha dan bagian tengah. Jadi target tersebut adalah yang terdekat dengan kakinya karena titik - titik itu lebih sulit untuk melindunginya. Tapi sebenarnya adalah Jeet kune tidaklah saklek - saklek seperti itu tapi lebih kepada anda bagaimana anda melihat celah untuk menyerang tapi yang seperti diatas adalah cara yang dilakukan oleh bruce lee, dan jika sasaran pada kesempatan tersebut terbuka kenapa tidak melakukannya bahkan target pada bagian atas pinggang seseorang juga bisa dicapai pada situasi menguntungan tanpa ada hambatan oleh prinsip yang satu ini.

Demikian dulu postingan kali ini semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi anda praktisi beladiri yang masih aktif tentunya, saya kutip ucapan yang pernah diucapkan oleh bruce lee "saya tidak ingin mengajak anda menjadi seperti saya, dan saya juga tidak ingin menjadi seperti anda, temukan syle anda sendiri dengan Jeet Kune Do", salam sukses selalu dari saya blogger pemula untuk anda semua.



No comments:

Post a Comment