Bruce Lee : Berlatih Beladiri Jeet Kune Do 2



Hadir kembali bersama saya blogger pemula, kali ini saya akan melanjutkan kembali postingan yang sebelumnya tentang Berlatih Jeet kune do, setelah sebelunya kita bahas mengenai sistem dalam teknik beladiri jeet kune do dan sekarang kita akan mencoba mengupas tentang Prinsip dari teknik beladiri jeet kune do ini, dari pada memperpanjang cerita lelucon nya mending kita langsung saja ya.

Prinsip Jeet Kune Do
Prinsip yang dimasukan oleh brice lee kedalam Jeet Kune Do ini adalah bersumber dari falsafahnya. pada dasarnya Bruce lee yakin bahwa pertarungan yang sebenarnya adalah yang dibuktikan sendiri artinya adalah pertarungan yang ril dan akan membawa kesukseskan bertarung jika memahami 4 macam teknik bertarung yang dikenal dengan sebutan "The 4 Combat Ranges" yang terutama adalah apa yang Bruce lee yakini masuk sepenuhnya menjadi teknik beladiri Jeet Kune Do. Ini juga merupakan prinsip yang kebanyakan memiliki hubungan erat dengan mixed martial arts. 




Praktisi Jeet Kune Do juga menyumbangkan gagasan atau ide bahwa pertahanan yang terbaik adalah dengan melakukan serangan yang gencar. oleh karena itu timbulah prisip “menahan atau mencegat". Bruce Lee yakin kalau ketika seseorang melakukan serangan pada lawannya maka dia harus bergerak kearah lawanya itu. hal itu akan membuka sebuah peluang baginya untuk menghadang serangan itu atau gerakannya, prinsip dari pencegatan ini lebih dari sekedar mencegah serangan fisik. Bruce Lee meyakin bahwa tanpa banyak kata - kata dan sandi, gerakan yang tak terduga itu pasti tidak akan di pedulikan lawan, dengan demikian akan menjadi sebuah keuntungan tersendiri. 

5 cara menyerang atau dikenal dengan "5 Ways of Attack", ini adalah merupakan kategori serangan yang membantu para praktisi dari beladiri Jeet kune do untuk mengorganisir tempo pertarunganya dan termasuk bagian serangan dari Jeet Kune Do. sedangkan konsep untuk menghentikan pukulan dan tendangan serta elakan yang bersamaan dengan pukulan adalah mengambil dari Anggar itu termasuk bagian pertahanan dari teknik beladiri Jeet Kune Do. Konsep itu telah di modifikasi oleh Bruce Lee untuk pertarungan tangan kososng dan di terapkan dalam kerangka teknik Beladiri Jeet Kune Do.

Demikian dulu postingan kali ini tentang prinsip dari jeet kune do, besok saya akan lanjutkan kembali postingannya dengan judul yang sama dan dengan sub judul yang berbeda tentunya dan kita akan mulai masuk kedalam gerakan dari beladiri teknik beladiri jeet kune do yang telah diciptakan oleh bruce lee.



No comments:

Post a Comment