Berlatih Boneka Kayu Wing Chun


 

Ketemu lagi dengan blogger pemula, kali ini saya akan memberikan sedikit pengetahuan saya kepada para pembaca yang khususnya bagian anda yang masih pemula dan ingin belajar teknik beladiri wing chun. kali ini saya akan memberi judul postingan kali ini yakni Berlatih boneka kayu, biasanya bagi anda yang tidak terbiasa dengan memukul kayu pasti mengalami sakit dulu, tapi setelah beberapa lama anda berlatih memukul boneka kayu wing chun ini maka tangan anda akan terbiasa dan tidak merasa sakit lagi.

Kalau saya lihat dalam bukunya yang asli kalau tidak salah ada 116 gerakan yang berasal dari Ip-Man, sebetulnya tidak banyak kalau hanya 116 gerakan,dari 116 gerakan tersebut dapat kita bagi menjadi 8 bagian latihan, kenapa 8 bagian ?, 8 bagian itu adalah teknik beladiri wing chun yang digunakan untuk berlatih wooden dummy.

Anda berlatih jangan asal - asalan ya, kalau anda melakukan beberapa gerakan maka diluar sesi latihan rutin, sempatkan anda bertanya kepada master anda tentang gerakan yang anda pelajari sehingga anda dapat mengerti dan memahami kelebihan dan kekurangan dalam setiap gerakan itu, kenapa saya katakan demikian karena ketika anda melakukan gerakan yang salah maka akibatnya bisa fatal ketika anda sedang dalam pertandingan.

1. 10 Gerakan
Dalam sepuluh gerakan ini tentunya dimulai dari sikap awal yakni kondisi siap dengan kuda - kuda, kemudian menarik leher, tan sau kanan dan kiri setra jaun sau. dalam gerakan ini sangat menekankan kelincahan dan juga kekuatan kuda - kuda anda.




2. 10 gerakan
Dalam gerakan ini dimulai dengan posisi awalnya adalah kanan, saya disini tidak akan menjelaskan secara detail ya, karena susah juga nich, karena saya melihat gambar untuk menulis postingan ini

3. 10 Gerakan
Dalam 10 gerakan ini dimulai dengan menangkis dari luar dan dalam serta juga mengajarkan kepada murid cara melatih telapak tangan guna dapat menangkis dan menyerang lawan.

4. 9 Gerakan
Awalnya dimulai dari gerakan telapak tangan kesamping, tujuan dari latihan ini adalah membiasakan tangan dan juga lengan anda untuk bisa melakukan serangan balasan sambil melakukan serang balik dan juga bersamaan dengan tendangan kesamping dengan cepat.

Kenapa kita harus latihan ini?, tujuannya adalah agar murid dapat menguasai latihan keterampilan sekaligus bisa melancarkan serangan tentunya dengan memanfaatkan calah pada lawan anda, ini merupakan salah satu kelebihan dari teknik beladiri wing chun, orang menyerang maka kita juga menyerang bersamaan dengan mereka menyerang.

5. 21 Gerakan
Dalam kelompok gerakan ini dimulai dengan tan sau double, tujuanya adalah untuk melatih teknik menyelip menyerang ke pertahanan lawan anda, yang diserang tentunya kelemahan dari lawan, ini merupakan teknik yang mematikan apabila anda menemukan pola penyaluran tenaga yang pas.

6. 15 Gerakan
Dalam kelompok gerakan kali ini dimulai dengan fok sau, tujuannya adalah membiasakan teknik pukulan ganda.

7. 15 Gerakan
Kelompok gerakan ini dimulai dengan gun sau kanan dan kiri, teknik ini seperti menekankan pada perubahan bong sau menjadi cengkraman tangan dan juga memadukannya dengan serangan tangan, tendangan menyilang adalah merupakan salah satu gerakan andalan teknik beladiri wing chun.

8. 26 Gerakan
Disini anda akan memulai gerakannya dengan bong sau bawah kanan dan kiri dan kemudian melakukan gerakan mundur, dalam kelompok gerakan ini sebagian besar banyak terdapat teknik tendangan.

Jadi jumlah gerakan wooden dummy semuanya berjumlah 116 gerakan, yang tentunya anda harus sering berlatih dengan gerakan itu agar anda terbiasa melakukannya akhirnya anda akan menjadi orang yang terlatih, cepat dan juga kuat, salam sukses dari blogger pemula untuk anda semua.

No comments:

Post a Comment