Dasar Wing Chun



Setelah sebelumnya kita mempelajari tentang bagaimana cara melatih pukulan agar memiliki kekuatan atau power, sehingga ketika kita memukul lawan bisa lumpuh dan sekarang kita akan berkunjung China bagian selatan, disana kita diingatkan sebuah teknik beladiri china dari selatan yakni Wing Chun. Dalam film yang diperankan oleh Donnie Yen, kita diperlihatkan dengan gerakan yang sangat dinamis ketika Donnie Yen mengeluarkan jurus wing chun, tapi itu semua dilakukan bukan gerakan tanpa dasar, bagaimana sich caranya agar kita juga bisa melakukan gerakan yang serupa dengan itu, ya minimal mendekati lah...!!!, hehehe.

Dasar Teknik Beladiri Wing Chun
Disini kita akan membuka dasar - dasar teknik beladiri wing chun, terkadang ada juga orang yang telah mempelajari berbagai macam gerakan, namun tidak bisa melakukannya dengan baik, ada juga yang belum menguasai gerakannya dengan baik tapi dia bisa melakukannya dengan benar, apa penyebab semua itu?

Untuk menguasai teknik beladiri itu sebenarnya tidaklah susah, tapi terkadang sebagian orang yang tidak tau penyebabnya dia lambat menguasai teknik beladiri itu akan mengatakan gerakan itu susah sekali padahal sebetulnya tidak susah, ada juga yang mengatakan ketika kita hendak mempelajari sesuatu maka dia mengatakan "musuhnya adalah diri sendiri", jadi kita bisa simpulkan bahwa ketika kita mempelajari sesuatu maka yang menjadi lawan pertama kali adalah diri sendiri, maksudnya..????, Kunci menguasai teknik beladiri dengan baik dan benar adalah sebagai berikut:




Relaksasi
Ya, Benar. Kuncinya adalah relaksasi, ketika kita dalam sebuah pertarungan dan kita menghadapinya dengan Rileks maka akan menghasilkan kelembutan gerakan ( gerakan yang dinamis ), mengeluarkan teknik dalam keadaan rileks sangatlah penting dan sangar mendasar sekali dalam teknik beladiri wing chun, kenapa bisa begitu?. Berikut alasannya

1. Ketika kita berada dalam tekanan mengeluarkan teknik maka itu akan mengurangi kekuatan dan kecepatan dari pukulan, padahal anda sudah mempelajari tekniknya dengan bagus dan sesuai dengan arahan dari sang guru.

Otot - otot yang ada pada tubuh umumnya bergerak berpasangan namun berlawanan antara satu dengan yang lainnya contohnya: otot bisep dan trisep pada lengan. Bila lengan tidak dalam keadaan rileks dan penuh tekanan maka kecepatan maksimum pada tangan anda tidak bisa dilakukan, karena otot bisep akan menghambat ketika lengan melakukan gerakan memukul, itulah sebabnya ketika anda hendak melakukan serangan harus rileks alias tanpa tekanan.

2. Tekanan yang berlebihan hanya akan membuang energi dan akan menghasilkan kelelahan.

3. Lengan yang tidak lentur akan menghasillkan gerakan yang tidak mengalir sehingga akan mengganggu anda ketika melakukan serangan.

4. Bila kita rileks dan fokus maka kita akan menyadari bahwa ada celah pada lawan, dengan menyadarinya maka akan dengan mudah juga kita melancarkan serangan

5. Bila kita tidak rilek maka yang terjadi adalah konflik otot, bila sudah demikian maka pertarungan itu hanyalah untuk siapa yang terkuat, padahal prinsip pada beladiri wing chun ini adalah kekuatan seminimal mungkin pada setiap gerakannya.

Sudah jelaskan, bagaimana teknik yang paling mendasar pada beladiri wing chun, sekarang tinggal anda praktekkan, ini akan membutuhkan waktu yang cukup menguasai teknik yang satu ini, kuncinya adalah dengan sering mengadakan pertarungan dengan saudara seperguruan dan teknik ini akan bisa anda kuasai dengan baik dan benar.

No comments:

Post a Comment