Mempelajari Tendangan Kesamping



Dalam Teknik Beladiri Taekwondo, tendangan merupakan dasar yang sangat penting, karena dalam pertandingan Teknik beladiri taekwondo dapat kita lihat bahwa tendangan itulah yang akan dipergunakan untuk memenangkan pertandingan, yang paling utama adalah tendangan kesamping karena ini dapat digunakan dengan sangat efektif apabila disempurnakan.

Secara teoritisnya tendangan akan sangat kuat karena ada daya tenaga tambahan dari pinggang, punggung, ada banyak versi tendangan kesamping ini, tapi disini kita akan mempelajari dasarnya saja agar nantinya anda dengan mudah melakukannya.

Tendangan kesamping ini lebih aman ketimbang tendangan jenis lain karena posisi badan menyamping lawan, cara yang pertama adalah:




1. Berpegangan
Dalam tahap belajar berpegangan itu akan lebih aman untuk anda, misalnya berpegangan pada dinding untuk mendapatkan keseimbangan, latihan tendangan kesamping ini harus bertahap agar anda dapat menggunakan teknik yang sangat tepat, atau bisa juga anda berpegangan pada kursi dan yang lainnya.

2. Posisi Kaki Berdiri
Untuk melakakukan tendangan kesamping, anda harus memperhatikan posisi berdiri, jadi tidak asal beridiri saja, karena kalau salah - salah bagi anda yang masih pemula bisa - bisa anda cidera, karena posisi berdiri kaki merupakan kunci tendangan kesamping dan juga akan menjadi sangat penting untuk menghasilkan tenaga yang bagus dalam tendangan

Mulai dengan kuda - kuda standar yakni kaki kiri didepan dan kaki kanan dibelakang dengan posisi menyamping dan tangan anda harus sejajar dengan dagu dan agak berjarak dengan bahu.

Selanjutnya mulailah mengangkat lutut yang digunakan untuk menendang sambil kaki anda yang bertumpu pada tanah memutar 180 derajat mengarah ke objek tendangan.

Gerakan tersebut coba anda ulangi berkali - kali sampai anda terbiasa dengan gerakannya dan akan memudahkan anda untuk reflek dan sekali - kali lepaskan juga tendangan kearah objek yang akan anda tendang itu.






No comments:

Post a Comment