Nama - Nama Gerakan Dalam Beladiri Karete Shotokan - Part 1



Sekarang sudah banyak situs blog atau web yang menyajikan hal yang semacam ini, kalau dulu sekitar tahun 2009 jarang sekali yang menulis nama - nama gerakan teknik beladiri karate ini, soalnya saya dulu pernah bertanya pada Mbah Google, saya sudah membuka sampai page 20 hasilnya tidak ada, yang muncul itu hanya nama dari beberapa gerakan saja, dan itu pun tidak semua kelompok gerakannya dan sekarang saya mencoba menyajikannya selengkap mungkin artinya lengkap dengan gambar untuk para pengunjung, berikut ulasan lengkapnya:

1. Kuda - Kuda
Gerakan pertama itu adalah kuda - kuda, karena ini akan menjadi gerakan dasar dalam teknik beladiri karate, kuda - kuda ( posisi berdiri ) yang ada dalam teknik beladiri setelah saya hitung berjumlah 13 posisi berikut rinciannya:



  • Zenkutsu Dachi - ini merupakan kuda - kuda gerakan dasar atau yang lebih dikenal dengan kuda - kuda gedan barai, jadi posisinya zig zag ( tidak segaris antara kaki kiri dan kaki kanan ) bentuknya: ibaratkan sekarang poisi kedua kaki anda berada pada posisi jam 6, majukan kaki kiri anda dan tempatkan pada posisi antara jam 10 dan 11 ( setengah 11 ), inilah yang dikatakan zig-zag yang posisinya tidak segaris.
  • Kokutsu Dachi - bentuknya adalah segaris antara kaki kiri dan kaki kanan, kembali lagi posisi kaki anda berada pada jam 6, langkahkan kaki kiri anda berada pada posisi jam 12, posisi badan direndahkan berat kebelakang sedangkan kaki kanan ditekuk jari - jari kaki kanan menghadap kesamping arah jam 5.
  • Kiba Dachi - bentuknya segaris antara kaki kiri dan kaki kanan, posisinya adalah kaki dibuka lebar dengan posisi pada jam 3 dan jam 9 dan anda menghadap kearah jam 12 atau jam 6, badan agak direndahkan dan kedua kaki ditekuk dan jari - jari kaki anda menghadap lurus kearah anda menghadap.
  • Shiko Dachi - posisinya hampir sama dengan kuda - kuda kiba dachi namun yang berbeda adalah posisi ujung jari kaki yang terbuka melebar
  • Kosa Dachi - posisi kaki sejajar dan hanya berjarak kurang lebih 10 CM, dan posisi kaki kiri berada dibelakang kaki kanan dan dijinjit bagian tumitnya sedangkan kaki kanan menapak utuh dan kedua kaki ditekuk, kaki kiri ditekuk miring 45 derajat sedangkan kaki kanan ditekuk miring 60 derajat.
  • Neko Ashi dachi - posisi kaki kanan ditekuk 60 derajat yang berada pada posisi ditengah - tengah sedangkan kaki kiri berada pada posisi jam 12 dijinjit bagian tumitnya dan lutut agak ditekuk.
  • Sancin Dachi - posisinya adalah ujung jari kaki kanan segaris dengan ujung tumit kaki kiri anda menghadap pada jam 6 atau jam 12
  • Renoji Dachi - pada kuda - kuda ini anda berada pada posisi ditengah - tengah menghadap kearah jam 12, ujung jari kaki kiri juga menghadap kearah jam 12 dan ujung jari kaki kanan menghadap kearah jam 3.
  • Hangetsu Dachi - sekarang anda menghadap kearah jam 2 dan kaki kiri anda berada pada posisi jam 10 dan kaki kanan berada pada posisi jam 4.
  • Heiko Dachi - pada posisi kuda - kuda ini anda menghadap kearah jam 6 atau jam 12 sedangkan antara kaki kiri dan kaki kanan anda segaris, begitu juga dengan ujung jarinya juga menghadap kearah yang sama dan tidak boleh melebar.
  • Hanciji Dachi - bentuk dan posisinya sama dengan Heiko dachi namun yang berbeda adalah ujung jari kaki membuka lebar.
  • Heisoku Dachi - Posisi anda berada ditengah menghadap kearah jam 6 atau jam 12 begitu juga dengan kaki berada ditengah dan menghadap kearah yang sama (posisi kaki rapat).
  • Musibi Dachi - Posisinya sama dengan heisoku dachi namun yang berbeda adalah ujung jari kaki terbuka sedangkan tumitnya rapat.

demikian dulu postingan kali ini anda bisa lihat bentuk kuda - kudanya pada gambar diatas, ini baru posisi kuda - kuda, nanti saya lanjutkan lagi postingannya dengan judul yang sama, demi melengkapi gerakan - gerakan yang ada dalam teknik beladiri karate shotokan.










No comments:

Post a Comment