Cara Melatih Kekuatan Tendangan - Part 2



Secara umum kita semua pastinya banyak mengenali berbagai macam teknik beladiri diseluruh dunia yang melakukan latihan untuk meningkatkan kekuatan tendangan dengan samsak, itu dilakukan dengan terus menerus sehingga samsak tersebut bergoyang agak jauh, bila sudah demikian itu artinya kekuatan tendangan anda bertambah, itu semua ditunjang oleh otot kaki yang kuat dan disini kita akan mencoba menggali metode latihan contohnya seperti jumping drill, berikut ulasan singkatnya:

1. Lari - lari dan kaki diangkat setinggi dada
Saya yakin anda sudah pasti tau bentuk gerakannya, ini sengaja saya buat menjadi yang pertama.

2. Squat
Gerakan ini adalah gerakan jongkok - berdiri dan bisa juga anda buat variasi gerakannya dengan seperti Jongkok - Tendang - Berdiri, Gerakan ini akan melatih otot kaki anda agar lebih kuat, tapi gerakan ini jangan terlalu sering dilakukan karena untuk menghindari penyakit turun berok, jadi bila anda melakukannya sekali - sekali tidak apa - apa.




3. Mengulangi Gerakan
Gerakan tendangan yang telah anda pelajari di Dojo, harapannya anda bisa mengulanginya dirumah agar anda terbiasa dengan gerakannya sehingga gerakan anda tidak kaku lagi.

4. Tahan Gerakan
Maksudnya adalah ketika anda memperagakan tendangan yang telah anda latih di Dojo, cobalah sekali - kali tahan gerakannya saat anda menendang tersebut agak beberapa lama.

5. Joging
Joging adalah kegiatan yang sangat penting sekali bagi para praktisi teknik beladiri, anda bisa melakukan latihan yang satu ini setiap pagi atau pun sore hari, karena ini akan mampu juga untuk melatih kekuatan tendangan

6. Cium Lutut
Gerakan ini bisa anda lakukan sedang berdiri ataupun sedang posisi duduk, karena gerakan ini akan melatih pinggang anda untuk bergerak.

7. Split
Latihan split juga bisa membantu untuk menambah kekuatan tendangan anda, kalau bisa upayakan gerakannya berubah-ubah, misalnya tengah, kiri dan kanan sambil mencium lutut anda.

8. Karet Ban Dalam
Karet ban dalam sepeda motor juga bisa anda gunakan sebagai alat untuk latihan tendangan anda, caranya anda tinggal ikat kaki anda dengan karet ban dalam tersebut dan kemudian ujung yang satunya lagi anda ikatkan pada sebuah tiang yang berada dibelakang anda, cobalah menendang objek yang ada dihadapan anda misalnya samsak, lakukan gerakan itu berulang - ulang maka hasilnya anda bisa rasakan sendiri.

Semua Gerakan diatas adalah untuk meningkatkan kekuatan pada bagian kaki anda, agar teknik beladiri itu pas dan tepat, karena kalau tidak tepat dalam penguasaan teknik beladiri ini maka anda akan mengalami cidera, begitulah pentingnya dalam untuk menguasai teknik beladiri itu.



No comments:

Post a Comment