Cara latihan Kickboxing



Teknik beladiri Kickboxing saat ini adalah Teknik beladiri yang cukup populer diberbagai negara didunia, bagi anda yang tidak tau apa manfaat beladiri yang satu ini, coba tebak? nggak tau kan..???, kickboxing itu sebenarnya dapat membakar kalori dalam tubuh anda hingga mencapai 450 kalori setiap jam latihan, ini telah terbukti dan telah diuji, hal itu dapat membantu anda untuk mengurangi kemarahan/emosi dan frustasi sambil juga dapat meningkatkan keseimbangan, ketahanan, kordinasi dan fleksibilitas.

Bukan hanya sebatas itu saja, Teknik Beladiri kickboxing adalah merupakan cara yang bagus untuk belajar pertahanan diri, lalu bagaimana cara latihannya ?, mari kita bahas bagaimana cara latihannya:

1. Memukul
Ini adalah merupakan teknik yang umum dipelajari diberbagai aliran Teknik beladiri, tapi mungkin agak sedikit ada perbedaan dari gaya dan cara memukulnya dari teknik beladiri yang lain:
  • Uppercut - pukulan dari bawah keatas
  • Hook - pukulan bulat dan melengkung ketubuh atau kepala
  • Jab - ini dilakukan dengan pukulan lurus kearah kepala atau badan
  • Cross - pukulan lurus
  • Strike - pukulan kedepan
  • Swing - pukulan ayun
  • Cobra - pukulan cobra
  • Spinning Backfish - pukulan kebelakang berputar




2. Tendangan
Tendangan dalam kickboxing tidak terlalu banyak, ada beberapa jenis tendangan yang saya kenali yakni:
  • Diagonal Kick - tendangan diagonal
  • Roundhouse Kick - tendangan berputar
  • Straight Kick - tendangan lurus
  • Roundhouse Kick Low - tendangan berputar kebawah
  • Axe Heel Kick - tendangan tumit kapak
  • Jump Kick - tendangan melompat
  • Step Up Kick - tendangan naik
  • Spinning Heel Kick - tendangan tumit berputar

3. Lutut
Pada teknik dasar dari kickboxing lutut juga menjadi senjata yang ampuh untuk menyerang lawan dalam jarak dekat tentunya, ada beberapa macam geraka lutut ini yakni:
  • Stright Knee Strike - serangan lutut lurus
  • Knee Strike - serangan lutut diagonal
  • Curving Knee Strike - serangan lutut melengkung
  • Horizontal Knee Strike - serangan lutut horizontal
  • Knee Slap - tepak lutut
  • Knee Bomb - bom lutut
  • Jumping Knee - lutut melompat


4.Sikutan
Selain dari lutut dalam beladiri (Martial Arts) kickboxing ini, sikut juga menjadi andalan ketika anda berada dalam posisi yang sangat dekat sekali berikut macam gerakan sikutan dalam kickboxing:
  • Siku Horizontal
  • Serangan udara sikut
  • Dorongan Siku kedepan
  • Sikut Horizontal kebelakang
  • Sikut berputar
  • Pukulan Potong Sikut
  • Pukulan Potong ganda sikut
  • Sikut keatas
Serangan dalam kickboxing sangat beragam, selain itu juga kickboxing memiliki pertahanan seperti menangkis dan menghindari pukulan dan masih banyak lagi bentuk pertahanan dalam teknik beladiri kickboxing, cukup itu dulu yang diketahui karena kalau terlalu banyak akan mempersulit anda dalam melakukannya.



No comments:

Post a Comment