Bagian II: Beladiri Pencak Silat Sunur - Pariaman - Sumatera Barat - Part 2



Pada Bab II sudah kita buka kemaren tentang Balabek dan sekarang kita masuk kedalam sub judul yang selanjutnya adalah mengenai Catur Langkah, kalau secara bahasa kita artikan Catur Langkah itu adalah Aturan melangkah yang dilakukan oleh dua orang dalam teknik beladiri pencak silat Sunur ini, sebelum kita masuk kedalam pelaksanaan gerakan catur langkah ini, mari kita lihat dulu penjelasannya:

1. Tiap - tiap membuat posisi harus betul berdasarkan pelajaran beladiri (Martial Arts) pencak silat dan itu sudah dijelaskan pada bagian 1 ( gambar posisi langkah dalam pencak silat sunur )
2. Posisi tangan mengikat ( harus sesuai dengan yang diajarkan ) karena posisi tangan itu ada maksud dan tujuan tertentu.
3. Dalam bercatur langkah gerakan harus serentak satu sama lain.
4. Yang dikatakan serong adalah antara bahu dan kaki berlawanan arah
5. Yang diakatakan bujur adalah Sejajarnya antara bahu dan kaki
6. Yang dikatakan curie adalah lawan berada dibelakang
7. Pandangan mata tetap pada lawan ( setinggi posisi mata lawan )




Pelaksanaan Catur Langkah Dalam Pencak Silat Sunur - Pariaman ( Sumatera Barat - Minangkabau )
  1. Posisi sama - sama serong kanan antara A dan B
  2. A, Mengangkat kaki kiri dan membawa langkah ke curie - B, Mengangkat kaki kiri dan kemudian melangkah kedepan hingga tiba pada antara kedua kaki A. Ketika itu B dalam keadaan posisi serong kiri atau bujur kiri.
  3. A. memutar tubuh hingga balik kanan dan memindahkan kaki kanan kearah serong kanan, hingga membuat posisi serong kanan. B, memindahkan kaki kanan kearah serong kanan hingga sama - sama serong kanan
  4. B, mengangkat kaki belakang ( kaki kiri ) membawa langkah ke curie kiri dan A, mengangkat kaki belakang pula, melangkahkan kedepan hingga tiba pada antara kedua kaki B, pada waktu itu A membuat posisi serong kiri atau posisi bujur kiri.
  5. B, Memutar badan hingga balik kanan dan kaki kanan ditarik kebelakang hingga membuat serong kiri dan A, melangkahkan kaki kiri kedepan kearah lawan membuat bujur kiri.
  6. B, Melangkahkan kaki kanan kedepan arah lawan, membuat serong kanan dan A, menarik kaki kiri kebelakang membuat serong kanan.
  7. A. mengangkat kaki kiri selanjutnya diluncurkan melalui depan kaki kanan arah kebelakang hingga membuat curie kiri, dan B menarik kaki kiri selanjutnya melangkahkan kedepan arah lawan hingga membuat serong kiri.
  8.  A. memutar tubuh kekanan hingga balik kanan dan kaki kanan ditarik kebelakang, hingga membuat serong kiri dan B memindahkan kaki kiri kearah serong kiri hingga serong kiri.
  9. B. mengangkat kaki kanan selanjutnya membawa langkah ke curie dan A, mengangkat kaki kanan, selanjutnya melangkahkan kedepan kearah lawan, hingga membuat bujur kanan.
  10. B, Memutar tubuh kekiri hingga balik kiri dan kaki kiri ditarik kebelakang hingga membuat serong kanan dan A, memutar tubuh kekiri dan kaki kiri diluncurkan melalui belakang kaki kanan pada arah lawan hingga membuat curie kanan keduanya disebut Burung Pipit beriring.
  11. B, melangkahkan kaki kiri kedepan hingga membuat bujur kiri dan A, melangkahkan kaki kiri pula kedepan hingga membuat serong kiri.
  12. B, Memutar tubuh kekanan hingga balik kanan dan kaki kanan ditarik kebelakang hingga membuat serong kiri dan A, memutar tubuh kekanan hingga balik kanan dan kaki kanan ditarik kebelakang hingga membuat serong kiri.
  13. B, menarik kaki kiri kebelakang hingga membuat serong kanan dan A, memutar tubuh kekanan dan kedua kaki tetap hingga membuat serong kanan

Keterangan Catur Langkah
1. Catur langkah dapat dilanjutkan dengan cara berganti ganti membawa langkah curie atau dari bujur ke serong.
2. Catur langkah penting dipelajari untuk kemahiran membuat posisi hingga tiap - tiap langkah tetap membuat posisi yang baik dan sesuai dengan ajaran yang telah diberikan.
3. Catur langkah penting dukuasai hingga tiap - tiap merobah posisi tanpa difikirkan lebih dahulu, harus dengan gerakan reflek.
4. Catur langkah adalah suatu cara latihan fisik bagi seorang penggemar beladiri pencak silat

Demikian Catur langkah dalam teknik beladiri pencak silat sunur - pariaman ( sumatera barat - minangkabau ) Silek tuo, kalau anda memperhatikan kalimatnya dengan baik maka akan dengan mudah anda pahami kalimatnya.







No comments:

Post a Comment