Bagian II: Beladiri Pencak Silat Sunur - Pariaman - Sumatera Barat - Part 1



Saat ini kita masuk pada BAB II dalam bukunya ( Bukunya Kuno Ditulis dengan mesin tik lama dan kertasnya pun sudah lusuh dan hampir rusak, kalau tidak di scan waktu itu, mungkin sekarang sudah habis dimakan rayap bukunya ), sebelumnya telah diuraikan dasar dari Teknik beladiri pencak silat dan sekarang akan diuraikan pula cara "BALABEK" (saya belum paham dengan istilah ini), Dalam permainan teknik beladiri pencak silat ini pertama itu adalah tata tertib ketika hendak melakukan pencak silat

1. Periksa diri kita sendiri apa cukup syarat untuk bermain pencak silat
2. Menghormati guru dengan cara datang dan bersalam dengan 2 tangan, badan agak sedikit ditundukkan dengan maksud meminta persetujuan dan mohon doa restu.
3. Memberi hormat kepada orang yang hadir dengan cara berdiri lurus menghadap pada orang yang akan beri hormat, selanjutnya kedua tangan dibuka kiri dan kanan ditarik kebelakang dan badan agak sedikit ditundukan kedepan, pada waktu itu posisi serong kiri berlutut dan kemudian tangan diangkat dan ditarik kebawah hidung dengan pengertian mohon maaf kepada yang hadir, selanjutnya berputar kekiri dan balik kanan dengan cara yang sama.
4. Bersalam dan berjabat tangan dengan partner dengan maksud menyatukan diri antara satu dan yang lain, setelah itu pencak silat bisa dilaksanakan.




"Balabek" Pencak Silat Sunur ( Silek Tuo )

1. Berdiri Lurus

2. Serong Kiri
Cara melakukannya:
Tangan kanan diangkat melalui dada seterusnya diajukan serong kiri, ketika itu kaki kiri juga diangkat setinggi betis dan dilangkahkan kedepan arah serong kiri, tangan kiri berada didepan dada dan kaki bagian depan membuat kuda-kuda sedangkan kaki belakang sedikit lurus dan badan lurus pandangan mata menghadap kearah lawan.

3. Langkah Tolak Belakang
Cara melakukannya:
Kaki kanan dilangkahkan arah serong kiri, posisi tangan kanan diganti dengan tangan kiri dan tangan kanan berada didepan dada pandangan mata mengarah pada lawan.


4. Serong Kiri
Cara melakukannya:
Kaki kiri dilangkahkan mengarah serong kiri dan posisi tangan diganti dengan tangan kanan sama dengan yang nomor 2

5. Serong Kanan
Cara melakukannya:
Kaki kanan diangkat badan diputar kearah serong kanan, selanjutnya kaki kanan dilangkahkan kearah serong kanan dan tangan kiri berada didepan dada dan kaki depan membuat kuda - kuda sedangkan kaki belakang sedikit lurus dan pandangan mata mengarah kepada lawan.

6. Curie Kanan
Cara melakukannya:
Kaki kiri dilangkahkan kearah serong kanan selanjutnya badan diputar balik kanan dan kaki kanan diluncurkan kebelakang arah serong kanan dan tangan kiri terbentang kearah samping kiri dan tangan kanan berada didepan dada dan pandangan mata tetap pada lawan.

7. Duduk Berlutut
Cara melakukannya:
Kaki kiri tegak lutut dan kaki kanan terhampar pada tanah dan kedua telapak tangan diamparkan ketanah.

8. Memberi Salam Pada Bumi dan Langit
Cara melakukannya:
Kedua telapan tangan dihamparkan pada tanah, waktu itu mengucapkan selamat kepada bumi, selanjutnya kedua tangan diangkat setinggi kepala dan waktu itu mengucapkan selamat kepada langit setelah itu badan diputar kekanan hingga menghadap kekanan dan kaki kanan berdiri lutut kaki kiri terhampar pada bumi dan kedua telapak tangan dihamparkan pada bumi, waktu itu mengucapkan 
selamat pada bumi dan kedua tangan diangkat setinggi kepala, waktu itu mengucapkan selamat pada langit.

9. Serong Kanan Berlutut
Cara melakukannya:
Dalam keadaan duduk berlutut langsung membuat posisi serong kanan berlutut dan selanjutnya berdiri dengan tidak merubah kaki langsung membuat posisi serong kanan berdiri.

10. Bujur Kiri ( Adu Bujur Kiri )
Cara melakukannya:
Kaki kiri dilangkahkan kearah lawan dan tangan kiri diajukan dan tangan kanan berada didepan dada pandangan mata tetap pada lawan

11. Serong Kiri
Cara melakukannya:
Tangan kiri ditukar dengan tangan kanan dan kaki kiri digeser sedikit serong kiri dan pandangan mata tetap pada lawan.

12. Curie Kanan
Cara melakukannya:
Kaki kanan diangkat dan tangan kanan diluruskan kebawah selanjutnya kaki kanan dilangkahkan melalui depan kaki kiri dan badan diputar kekiri ketika itu kaki kanan dilangkahkan arah kebelakang dan bahu kanan mengarah kepada lawan, pandangan mata tetap pada lawan melalui bahu kanan.

13. Bujur Kiri
Cara melakukannya:
Badan diputar kekiri hingga balik kiri kedua kaki tetap dan bahu kiri mengarah kepada lawan dan pandangan mata tetap pada lawan.

14. Serong Kiri
Cara melakukannya:
Kaki kiri digeser kekiri hingga serong kiri dan posisi tangan kiri diganti dengan tangan kanan dan bahu kanan mengarah kepada lawan, tangan kiri berada didepan dada sedangkan pandangan tetap mengarah kepada lawan.

15. Bujur Kanan ( adu bujur kanan )
Cara melakukannya:
Kaki kanan dilangkahkan kedepan arah lawan dan tangan kanan diajukan kedepan dan tangan kiri berada didepan dada dan pandangan mata tetap pada lawan.

16. Serong Kanan
Cara melakukannya:
Kaki kanan digeser kekanan hingga serong kanan, tangan kanan boleh tetap terbentang serong kanan dan tangan kiri berada didepan dada.

Demikian Alur Balabek dalam beladiri (Martial Arts) pencak silat sunur pariaman ( Sumatera Barat - Minangkabau ) - Silek Tuo, agar tulisan ini dapat menjadi referensi bagi anda yang mencari beladiri (Martial Arts) pencak silat Minangkabau.




No comments:

Post a Comment