Metode Latihan Tenaga Dalam 1



Jumpa lagi dengan saya blogger pemula, postingan saya kali ini masih tentang teknik beladiri tenaga dalam dan kita sudah masuk kepada teknik memukul tahap pertama bagaimana cara melakukan latihannya dan bagaimana tekniknya, mari kita langsung saja menuju kepada pokok bahasan:

Kali ini kita akan melakukan latihan jenis yang pertama karena ada banyak cara metode latihannya jadi saya sajikan satu persatu dulu dan nanti anda tinggal pilih mau melakukan metode latihan yang bagaimana dan yang cocok untuk anda.

Tahap 1
Metode latihan yang pertama ini diharuskan untuk melakukan latihan yang rutin dan cara yang pertama ini memang terbilang mudah untuk dilakukan namun membutuhkan waktu yang lama untuk bisa berhasil tapi itu tergantung ketekunan dan keyakinan anda pribadi.

Kalau anda tidak melakukannya dengan rutin maka sudah bisa saya pastikan anda tidak akan pernah berhasil, tapi ada pantangannya lho, Marah adalah pantangannya, sebab ketika anda marah ilmu itu akan muncul makanya kalau anda orang yang gampang marah, cara yang pertama ini bukanlah sebuah pilihan yang tepat untuk anda.

Ketika anda berhasil dengan metode yang pertama ini hasilnya akan sangat mengagumkan, contohnya saja anda memukul benda keras maka akan dengan mudah anda hancurkan benda tersebut, tapi itu tergantung pada latihannya juga, kalau latihan yang  anda lakukan dengan matang maka hasilnya akan seperti itu, tapi kalau tidak ya fikir sendiri dech....!!!!.




Untuk alat yang perlu dipersiapkan adalah sebuah batu besar yang permukaannya rata, nah batu itu anda taruh di tempat anda akan melakukan latihan.

Setelah itu anda duduk bersila dengan tenang dan rileks tubuh dan fikiran anda. setelah itu tarik nafas panjang melalui hidung dan hembuskan lagi melalui hidung. angkat tangan anda setinggi telinga serta tarik nafas panjang, tarikan nafas itu harus seirama dengan gerakan tangan anda.

Dan kemudian pukulkan telapak tangan anda pada permukaan batu tadi, sambil anda menghembuskan nafas melalui hidung, " tarik dan hembuskan nafas selalui melalui hidung "

Memukulkan telapak tangan itu tidak perlu keras - keras, cukup pelan saja dan tangan anda lemas tapi mantap, ulangi cara yang demikian secara bergantian tangan kanan dan tangan kiri, sampai anda merasa pegal atau lelah kurang lebih 1000 kali kanan dan kiri.

Setalah anda selesai latihan dan coba berdiri, biasanya mata anda berkunang - kunang, bila itu terjadi demikian maka tarik nafas panjang dan hembuskan dengan perlahan - lahan, hingga dalam waktu yang tidak terlalu lama hal itu akan segera hilang. satu atau dua kali laatihan, anda masih mersakan hal yang sama namun lama kelamaan itu akan hilang dengan sendirinya, penglihatan anda akan makin terang dan begitu juga dengan pendengaran anda akan semakin bertambah tajam, latihan itu cukup pelan - pelan saja dan bunyi pukulan anda awalnya akan biasa saja, tapi setelah beberapa lama maka pukulan anda akan nyaring bunyinya.

Yang harus anda ingat adalah pernafasan harus selalu seirama dengan gerakan tangan dan juga harus diingat marah adalah pantangan dalam melakukan latihan ini, latihan ini khusus untuk pukulan tangan yang dahsyat dan setelah selesai latihan anda lakukan pelemasan otot - otot tangan dengan cara mengibas - ngibaskan lengan agar ototnya mengendor.

Tahap 2
Mari kita lanjutkan kembali latihannya latihan berikut ini akan mempercepat proses pembentukan tenaga dalam atau tanaga cadangan itu dan dengan latihan ini anda akan merasakan perubahan besar dalam diri anda, dan juga latihan ini bermanfaat untuk memperkuat jantung, sehingga jantung akan dapat bekerja dengan lebih baik lagi serta peredaran darah akan semakin lancar, apabila peredaran darah dalam tubuh anda lancar maka organ - organ yang lainpun akan bisa berfungsi dengan baik dan sesak nafas juga akan hilang.

Ketika mata berkunang - kunang tadi sudah hilang dan berdirilah dengan kokoh kemudian renggangkan kedua kaki anda dengan posisi setengah berjongkok dan pandangan mata lurus kedepan, tangan letakan dipinggang dengan telapak tangan terbuka dengan posisi telapak tangannya menghadap kebawah, tarik nafas panjang dengan santai artinya jangan sampai terlalu cepat dan jangan pula terlalu pelan, tapi tariknya dengan kuat sehingga akan berbunyi SSS....kira - kira seperti ular dan kemudian tahan sebentar selama 5 detik dan lepaskan pelan - pelan tapi kuat sampai habis semua udara yang ada didalam rongga dada maupun rongga perut

Setelah udaranya habis, tahan sebentar dan tarik lagi seperti yang pertama anda lakukan tadi, tahan sebentar dan lepaskan lagi. waktu melepaskan nafas untuk yang kedua kalinya dibarengi dengan dorongan kedua lengan anda kedepan dengan lurus. juga waktu mendorong itu putarlah lengan anda jadi seolah - olah anda melepaskan pukulan rotasi. nah waktu menarik nafas lengan yang dipinggang tadi denagn jari - jari menghadap kebawah maka sekarang kedua lengan anda lurus dengan jari - jari tangan menghadap kebawah maka sekarang kedua lengan anda lurus dengan jari - jari tangan menghadap keatas atau telapak tangan anda terbuka dan menghadap kedepan.

Ketika anda melapaskan nafas, maka anda mendorongkan lengan kedepan, pelepasa nafas harus seirama dengan gerakan tangannya. waktu anda menarik nafas anda maka lengan anda harus ikut bergerak kebelakang kembali pada posisinya semula

Ketika anda baru pertama kali melakukan latihan yang ini akan terasa sekali lengan anda akan sakit dan sakit itu penyebabnya adalah menegangnya urat - urat lengan anda. ketika anda melakukan dorngan harus kuat dan bertenaga, jadi seolah - olah anda sedang mendorong sesuati yang sangat berat dan membutuhkan tenaga

Kerahkanlah kekuatan anda pada kedua lengan anda sehingga lengan anda akan mengeras, tapi ingat jangan sampai kekuatan anda terkumpul pada lengan atau anus karena itu akan berkaibat latihan anda jadi percuma, nah pengerahan tenaga haruslah pada tempat - tempat yang seharusnya agar jangan jadi percuma

Dengan terkumpulnya kekuatan anda pada lengan anda maka akan kuatlah tenaga dorongan maupun tenaga pukulan anda. disamping itu akan dapat melindungi tangan anda dari rasa sakit ketika anda memukul. ditambah lagi dengan disertai pernafasan yang mapan maka akan semakin mantaplah tenaga dorngan maupun tenaga pukulnya

Lakukanlah latihan itu berkali - kali. biasanya kalau sehabis latihan yang ini badan anda akan lemas serta mata berkunang - kunang. kalau sampai hal itu terjadi maka cukup anda melakukan pernafasan seperti diatas. lama - lama pasti akan hilang dengan sendirinya. ini khusus untuk melakukan pukulan dengan telapak tangan terbuka alias tangan tidak dikepal

bersambung

Demikianlah postingan tenaga dalam untuk latihan dengan metode yang pertama ini, besok akan kembali saya lanjutkan dengan postingan yang lain tentunya. salam sukses dari blogger pemula

No comments:

Post a Comment