Serangan Pada Tenaga Dalam


 

Jumpa lagi dengan blog teknik beladiri , sebelumnya saya sudah mengatakan dalam postingan sebelumnya bahwa saya akan kembali melanjutkan materi tentang tenaga dalam, yang mana sebelumnya kita bahas mengenai pemanasan yang dibarengi dengan pernapasan dengan demikian setiap anggota tubuh kita akan kuat dan siap terhadap serangan.

Teknik Serangan
Tenaga dalam yang kita pahami bukanlah sebuah aliran beladiri yang berdiri sendiri namun tenaga dalam dapat kita temukan dalam kita mempelajari teknik beladiri pencak silat dan pencak silat pun adalah sebuah teknik beladiri yang menjadi ciri khas dari bangsa nusantara dan pada waktu dulu pun dalam pencak silat sudah dikenal juga tenaga dalam dan sudah banyak yang mempelajari dan berhasil menguasainya namun mereka pun kini sudah hilang satu persatu dari kehidupan kita yang sekarang, tapi apa yang mereka pelajari itu masih ada kok peninggalan - peninggalan ilmunya dan bahkan generasi penerusnya membuka perguruan.

Jadi dalam setiap aliran beladiri manapun selalu ada yang namanya pertahanan dan menyerang begitu juga dengan Pencak silat, namun dalam pencak silat ini harus lebih diutamakan pertahanan ketimbang menyerang, ada sebuah falsafah yang sering di ungkapkan dalam teknik beladiri pencak silat ini adalah "musuh tidak dicari - bersua pantang dielakkan".




Pada serangan dasar yang sering dikenal oleh orang dalam teknik beladiri pencak silat adalah memukul dengan kepalan tangan dan menendang dengan ujung telapak kaki. Memukul dan menendang sangat banyak sekali model gerakannya dan itu harus kita kuasai dengan baik dan benar agar kita tidak kesulitan dalam mempelajari meteri tingkat lanjutnya.

1. Teknik Pukulan
Pukulan itu diberi nama berdasarkan arahnya, misalnya pukulan lurus ( depan ), pukulan samping, pukulan bawah, pukulan atas. Saat memukul tangan harus dalam keadaan rileks dan juga saat memukul itu tangan harus dihentakkan, yang terpenting jangan memukul mengeluarkan tenaganya dari awal karena itu salah dan akan terbaca oleh lawan bahkan tenaga dari pukulannya juga tidak akan seberapa, yang benar itu adalah mengeluarkan tenaga diakhiran.

2. Tendangan
Tendangan pada pencak silat juga bermacam - macam, misalnya saja tendangan depan pencak silat hampir mirip dengan tendangan depan taekwondo,tendangan ini juga sama dengan pukulan yakni harus mengeluarkan tenaga pada akhiran, tendangan yang baik itu adalah kordinasi antara kaki dan tangan.

Macam - macam tendangan dalam pencak silat ini, tekniknya tidak jauh bebeda dengan penjelasan singkat diatas, tapi pesan saya disini adalah "apapun yang anda pelajari dalam teknik beladiri khususnya anda harus serius dan tidak bermain - main dalam mempelajarinya", demikian saja penjelasan singkatnya besok saya akan lanjutkan kembali dengan "teknik pertahanan diri", salam sukses selalu dari saya untuk anda semua.


No comments:

Post a Comment