Cara Melatih Pukulan


 

Salam jumpa lagi dengan saya blogger pemula, kali ini saya akan buat postingan dengan judul cara melatih pukulan, sebenarnya terlihat sangat simple ya,...!!, kok memukul saja ada caranya juga, kalau mau pukul ya, pukul aja asalkan lawan bisa dilumpuhkan ya selesai, tidak begitu juga kali, ada teknik - teknik khusus bagaimana cara memukul lawan dengan benar, karena dalam bela diri yang ada hanya membela diri bukan untuk membunuh.

Beladiri adalah membela diri artinya apabila kita sedang dalam masalah dengan orang lain yang hendak mencelakai kita maka kita berhak melakukan pembelaan yang dikatakan bela diri, tentunya dengan berbagai teknik pembelaan yang tujuannya bukanlah untuk membunuh orang tapi hanya sekedar melakukan pembelaan, begitulah kira - kira sederhananya. kalau salah harap dibantu untuk membenarkannya ya.!!!




Melatih Pukulan
Memukul lawan dalam sebuah pertandingan misalnya, kalau anda tidak pandai dalam memukul lawan maka bisa - bisa tangan anda yang akan mengalami kesakitan dan lawan anda tidak akan merasakan pukulan anda alias pukulan anda tidak terasa, karena anda salah teknik. pukulan yang baik itu saya lihat ada 2 model

1. pukulan dalam karate ( oi zuki chudan )

2. pukulan wing chun

Dapat anda lihat perbedaannya kalau teknik beladiri karate atau teknik beladiri yang lain melakukan, bagian yang dibenturkan dengan objek adalah telunjuk dan jari tengah, sedangkan kalau wing chun memukul bagian yang dibenturkan dengan objek adalah kelingking, jari manis, jari tengah, bisa anda coba dua - duanya dengan memukul dinding, mana yang sakit, pasti yang sakit model yang pertama, sedangkan model yang ke 2 sakitnya agak kurang dari yang diatas, tapi kembali lagi kepada anda masing - masing, mau menggunakan yang model mana silahkan saja, kalau saya menggunakan yang model no 2, sedangkan saya aliran karate shotokan.

Melatih pukulan itu ada 2 poin penting
1. Melatih kekuatan
2. Melatih kecepatan

1. Melatih Kekuatan Pukulan
Pukulan yang kuat akan membuat lawan anda bisa kalah hanya dalam beberapa pukulan saja, bisa saja itu terjadi apabila anda selalu melakukan latihan dengan baik dan benar, ketika anda sudah melakukannya pasti anda akan merasakan hasilnya, latihannya adalah:
a. Push up
b. Pull up
c. Memukul samsak
d. Memukul dengan beban ( pakai barbel 1 Kg )

Cara diatas bisa anda lakukan dengan rutin setiap hari dirumah, tapi dengan cara yang benar

2. Melatih Kecepatan Pukulan
Melatih kecepatan pukulan itu sangat banyak cara yang dilakukan oleh para praktisi beladiri beberapa diantaranya adalah:
a. Memukul samsak
b. Memukul dengan beban
c. Memukul dengan menggunakan karet ban dalam

Kecepatan pukulan dalam teknik beladiri itu sangat penting, saat anda memukul lawan maka lawan tidak bisa melihat tangan anda dan itu sudah menjadi nilai tambah bagi anda walaupun pukulan anda masih belum terlalu kuat, tapi kuncinya hanya berlatih dengan rutin dan konsisten pasti anda bisa mencapai hal itu.

Demikian saja cara melatih pukulan dalam teknik beladiri, ketika anda melakukan latihan maka anda harus serius dalam mejalankan latihan itu, jangan anggap latihan itu sebagai main - main saja karena kalau demikian maka latihan anda akan sia - sia saja alias percuma. salam sukses dari saya untuk anda semua, tetap selalu bersemangat. OK


No comments:

Post a Comment