Tutorial Wing Chun "Siu Lim Tao"


 

Kembali lagi kita bertemu di materi wing chun, kali ini saya akan memberikan kepada anda informasi atau tutorial dari teknik beladiri wing chun ini, sebelumnya sudah saya singgung mengenai gerakan wing chun, ada berbagai macam kumpulan gerakan wing chun yang dapat dipelajari sendiri. Kita tau dalam sejarahnya bahwa gerakan wing chun ini tercipta dari gerakan seekor bangau dengan ular, sehingga gerakan siu lim tao ini juga berevolusi seiring dengan perkembangan zaman.

Kali ini kita akan masuk dulu ke materi awal, yaitu kumpulan gerakan tangan yang ada pada teknik beladiri wing chun, yang kalau kita sebut sebagai "siu lim tao", itu dalam bahasa china nya, jadi seluruh gerakan tangan wing chun ada di Siu Lim Tao, berikut saya berikan ulasan singkat:

Dalam belajar Siu Lim Tao ini harus serius dan fokus agar dapat memahami manfaat dari belajar gerakan Siu Lim Tao ini, kalau kita berbicara manfaat, ya tentu saja ada beberapa manfaat dalam latihan gerakan ini:




a. Memperkuat kaki (kuda-kuda)
b. Memahami teknik
c. Menciptakan kunci energi
d. Memahami prinsip dasar wing chun

Gerakan pada Siu Lim Tao ini berjumlah 108 gerakan, banyak juga ya....!!!, tapi dapat kita bagi menjadi 3 bagian, pada setiap bagian itu memiliki manfaat masing - masingnya,

1. Latihan Kekuatan Tangan dan Siku-siku
Dalam gerakan ini gerakan dilakukan dengan lambat agar benar-benar dapat dirasakan manfaatnya dari berlatih gerakan ini. kita harus serius dalam berlatih dan juga dibarengi dengan latihan fisik juga.

2. Latihan Cara Menggunakan Kekuatan dan Penguasaan
Dalam bagian ini cara menggunakan kekuatan dan penguasaan ini adalah dengan separuh lembut dan separuh keras, contoh: ketika memukul tangan bergerak dengan kecepatan tinggi namun otot anda tetap santai, ada beberapa bagian yang sulit disini yakni ketika pukulan itu hendak sampai pada sasarannya maka otot lengan anda harus tegang, karena itu nantinya akan menyebabkan energi kinetik dan itu tidak lama, hanya sepersekian detik saja.

3. Latihan Posisi Yang Benar Untuk Gerakan Tangan
Ini sangat perlu dan penting untuk dilatih, pada saat latihan harus berkonsentrasi pada eksekusi gerakan dengan baik dan benar.







No comments:

Post a Comment