Belajar Beladiri Wing Chun Sendiri


 

Ketemu lagi dengan blogger pemula, dah lama nggak membuat postingan baru nich, karena ada kerjaan lain yang mesti harus dilakukan dengan mendesak dan harus diselesaikan cepat, jadi tertunda dech postingannya, saya memiliki target untuk blog ini bahwa saya akan membuat minimal 1 postingan setiap hari. biar cepat terindeks oleh mbah google.

Kali ini saya akan membuat postingan dengan judul Teknik Beladiri belajar Wing Chun Otodidak, ini saya buat untuk melanjutkan postingan wing chun yang sebelumnya mengenai dasar dari teknik beladiri wing chun.

untuk yang sekarang untuk melanjutkannya saya buat sub judulnya dengan

RELAKSASI
Tenaga yang dihasilkan dengan melakukan relaksasi tubuh / mengeluarkan teknik dalam kondisi releks sangat penting sekali dan ini juga merupakan dasar dalam teknik beladiri wing chun.

1. Apabila anda memberikan tekanan pada tangan anda misalnya maka itu akan mengurangi kekuatan serta kecepatan dari pukulan anda. Untuk anda ketahui bahwa otot yang ada dalam tubuh anda secara umum bergerak dengan berpasangan, tapi berlawanan antara satu dengan yang lainnya.




Misalnya otot lengan yang terdiri dari otot bisep dan otot trisep. bila tangan anda tidak releks alias penuh tekanan disebabkan emosional anda maka kecepatan tertinggi tangan anda tidak mungkin akan bisa dikeluarkan, karena apa ..???, otot bisep tersebut akan menghambatnya ketikan tangan anda melakukan pukulan, itulah sebabnya dalam teknik beladiri wing chun tangan anda harus bisa releks.

Tekanan pada otot terlalu berlebihan akan menyebabkan energi terbuang secara percuma dan nantinya akan menghasilkan rasa lelah saja.

2. Lengan terlalu kaku akan memberikan gerakan yang kurang mengalir sehingga akan mengganggu anda saat melakukan gerakan memukul

Tapi ketika otot anda releks serta fokus maka itu akan membuat anda menyadari celah yang ada pada lawan tanding anda, nah kalau sudah demikian maka anda akan bisa memberikan serangan pada lawan anda dengan tepat.

3. Bila anda bertanding hanya melakukan konflik otot maka pertarungan itu hanya untuk yang paling kuat, tapi bila anda mengeluarkan kekuatan sekecil mungkin pada setiap gerakan itu akan membuat anda melihat setiap celah yang ada pada lawan tanding anda, ini merupakan prinsip dasar pada teknik beladiri wing chun.

GARIS TENGAH
Prinsip yang lainnya pada teknik beladiri wing chun ini adalah garis tengah ini disebut juga dengan AXIS, kalau dalam pengobatan tradisional AXIS itu adalah dari kepala hingga tulang ekor tubuh manusia bagian belakang, setiap ahli wing chun diharapkan dapat merubuhkan lawan dengan cepat menggunakan tenaga sekecil mungkin, karena dalam wing chun AXIS itu merupakan titik lemah pada tubuh manusia.

Demikian dulu ya teknik belajar wing chun ini, karena kalau saya selesaikan sekarang bisa - bisa saya duduk terus seharian disini, salam sukses selalu untuk anda dari saya blogger pemula.



No comments:

Post a Comment