Sejarah Singkat Tenaga Dalam


 

Dalam Catatannya Tenaga dalam ini mulai dikenal oleh orang sekitar 4.000 SM pada masa Peradaban Mesir kuno, dari mesir ini tenaga dalam berkembang ke Babylonia, Yunani, Romawi, Persia dan orang - orang tionghoa juga mengenal tenaga dalam ini dan terus berkembang ke Vietnam, Campa Malaya dan Indonesia Dst...

Tenaga dalam adalah tenaga manusia yang luar biasa dan terdapat pada setiap orang dan bisa diaktifkan dengan cara mengolah pernafasan dan bisa juga dengan meditasi, namun tidak setiap orang yang mengetahui bagaimana cara membangkitkannya, padahal itu sudah ada semenjak manusia dilahirkan namun kondisinya pasif akan tetapi tenaga dalam tersebut bisa sewaktu-waktu keluar dengan cara tiba-tiba ketika seseorang dalam keadaan panik.

Tenaga dalam ini pada umumnya diawali dengan pernafasan dan dengan beberapa teknik pernapasan pernafasan dada, pernafasan perut dan penafasan gabungan, tenaga dalam ini dikembangkang oleh kelompok beladiri atau kelompok pernafasan yang dengan tujuan untuk olahraga, penyembuhan, meditasi, relaksasi dan penunjang teknik beladiri.

Dinusantara ini tenaga dalam dipelopori oleh beberapa orang yang pada waktu itu disebut sebagai orang yang waskita



1. Muhammad Toha beliau adalah tokoh pendiri perguruan Sim Lam Ba pada tahun 1896 di jakarta
2. Andadinata beliau adalah pendiri perguruan Margaluyu di Bandung daerah Rancaekek pada tahun 1922
3. Abdul Rosyid beliau adalah pendiri Budi Suci di daerah Bogor pada tahun 1930
4. Nampon beliau adalah pendiri Pencak Nampon Tri Rasa di daerah Bandung pada tahun 1932
5. Abah Zaki yang dikenal sebagai Haji Abdul Syukur beliau adalah pendiri perguruan Al-Hikmah di Jakarta


 

Dari ke empat tokoh inilah lahirnya Tenaga Dalam, pada abad ke 19 lah tenaga dalam mulai dipelajari dikalangan terbatas dengan kata lain baru turun gunung dan mulai mencari murid. Nampon mulai dikenal orang ketika dia menyambut dengan girang kelahiran anaknya sehingga dia berteriak-teriak seperti orang gila, sehingga banyak orang yang memegangnya waktu itu dan terpental. saat itu tenaga dalam mulai dikenal orang.

Nampon memiliki banyak murid, namun ada beberapa orang muridnya yang ikut berjasa mengembangkan tenaga dalam dan kemudian mendirikan perguruan Tri Rasa di daerah Bandung sehingga banyak mahasiswa yang ikut mempelajari tenaga dalam pada waktu itu, diantara sekian banyak muridnya diantaranya adalah Bung Karno dan M.Natsir.

Di daerah Jawa Barat Nampon dikenal orang dikalangan pendekar, bahwa sebelum Nampon mengenal Tenaga Dalam, beliau banyak belajar bela diri dari para pendekar senior yang ada dan Nampon juga pernah belajar bela diri pada Abah Khoir (pendiri silat cimande). setelah itu banyak perguruan bela diri tenaga dalam yang muncul dan memiliki banyak murid sehingga Tenaga Dalam dapat dikenal orang di berbagai daerah dan bahkan ke berbagai negara di dunia.

Panjang juga ya,,,,capek ngetiknya nich.....demikian dulu yang dapat saya jabarkan kepada para pembaca, nanati akan saya sempurnakan kembali agar dapat tersaji tulisan yang bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan bagi siapa saja.


No comments:

Post a Comment