Sejarah Singkat Bruce Lee


 

Kali ini saya akan sedikit bercerita tentang sejarah Bruce Lee atau nama China nya Lee Xiau Lung. Bruce lee lahir 27 November 1940 dan meninggal pada 20 Juli 1973, tepat pada umur 32 tahun, Bruce Lee lahir di San Fransisco, USA. Masa Kecil bruce lee hingga remaja di Hongkong karena orang tuanya menetap di Hongkong dan setelah itu dia belajar teknik beladiri di hongkong hingga sampai Ke Amerika.

Orang Tua Bruce Lee yang laki-laki bernama Lee Hoi Chuen dan ibunya bernama Grace Ho. bapaknya adalah seoranh seniman Opera dan juga pemain film - film berbahasa kanton, ketika bruce lee lahir diamerika orang tunaya sedang tur pertunjukan opera ke amerika serikat. Bruce Lee memiliki 2 orang kakak perempuan yang bernama Phoebe dan Agnes serta seorang Kakak Laki-laki yang bernama Peter dan seorang adik perempuan yang bernama Robert




ketika masa kecil bruce lee tepat pada masa pendudukan jepang di hongkong yakni pada masa perang dunia ke 2 1941-1945. rumahnya pada waktu itu berdekatan dengan kamp militer jepang. ketika bruce lee berumur 13 tahun, bruce lee telah menjadi murid dari Yip Man, seorang guru beladiri wing chun, selama 5 tahun bruce lee belajar teknik beladiri wing chun. Pada waktu itu kondisi tubuh bruce lee kurang sehat, namun dia selalu melatih tubuhnya hingga menjadi kuat.

ketika semasanya SMA dia juga mengikuti tarian dan menjuarainya, setelah itu disekolahnya ada kejuaraan tinju dan dia mengikutinya juga hingga ia menjuarainya.

 

ketika pada bulan april 1959 bruce lee pindah ke san fransisco dan hingga ia masuk keperguruan tinggi Universitas Washington jurusan filsafat dengan dasar kemampuan sebagai seorang ahli beladiri dan ia banyak menulis karangan tentang teknik beladiri kung fu.

ditempat kuliahnya bruce juga aktif dalam kegiatan kemahasiswaan hingga ia dapat memperkenalkan teknik beladiri nya di amerika. hingga salah seorang murid wanitanya menjadi istrinya yang bernama llinda Emery.

pada tahun 1965 anak pertama dari pernikahannya lahir yang kemudian diberi nama Brandon Bruce Lee disamping sebagai seorang ayah dari anaknya bruce lee juga sebagai seorang guru yang memiliki banyak muridnya dan kemudian hingga kemudian mendapatkan tawaran main film, film pertama yang diperankanya adalah Green Hornet.

dan setelah itu banyak film-film yang diperankannya yakni the big boss, fist of fury, the way of the dragon serta Game of death.

tepat pada tanggal 20 juli 1973, awalnya bruce lee mengalami sakit kepala dan kemudian minum obat setelah itu dia tidur dan tidak bangun lagi...ini yang masih menjadi misteri tentang kematiannya yang belum terungkap....

dapat saya sampaikan disini bahwa inti dari beladiri yang dikembangkannya adalah melatih fisik hingga dapat melakukan berbagai macam gerakan yang orang lihat gerakan yang tidak lazim, padahal  hanya gerakan standar saja dan tidak dimodifikasi.


No comments:

Post a Comment