Makna Atau Filososfi Sabuk Dalam Taekwondo


 

Jumpa lagi dengan pembaca setia blog martial arts-beladiri, kali ini saya akan berikan sedikit pengetahuan tentang makna sabuk dalam teknik beladiri taekwondo.

Sekarang ini setiap teknik beladiri pasti menggunakan sabuk karena dari sabuk itu kita bisa melihat tingkatan seseorang dari beladiri yang diikutinya.

Warna sabuk juga bermacam-macam atau bentuknya berbeda-beda, namun kalau dalam teknik beladiri taekwondo ini ada garis garis nya juga pada sabuknya....ok kita coba langsung saja ya...

1. Putih = puith ini semua orang juga sudah tau artinya apa, ini merupakan lambang dari kesucian atau warna dasar, bagi siapa yang mau masuk teknik beladiri taekwondo, sabuk putih ini wajib anda gunakan, nah disini anda akan diberikan materi jurus dasar yang disebut dengan Gibon1.




2. Kuning = warna kuning ini dalam taekwondo melambangkan bumi, pada saat anda naik tingkat ke sabuk kuning, maka anda akan diajarkan jurus Gibon 2 dan 3, disamping itu anda juga diajarkan dasar - dasar teknik beladiri taekwondo dengan kuat, setelah itu anda akan naik ke sabuk Kuning garis Hijau.

3. Hijau = warna hijau ini melambangkan pohon, pada tingkatan ini anda sudah mulai diajarkan Taeguk 2, nah setelah itu kalau anda naik tingkat makan anda akan menggunakan sabuk hijau garis biru

4. Biru = warna biru ini melangbangkan langit, disini anda akan diajarkan taeguk 4, setelah itu anda akan naik ke sabuk biru garis merah

5. Merah = warna merah ini dalam taekwondo dilambangkan dengan matahari yang artinya adalah kita yang telah mencapai tingkatan ini harusnya menjadi panutan bagi orang sekitar, pada tingkatan ini anda akan mempelajari taeguk 6, setelah itu anda akan naik ke tingkatan sabuk merah garis satu, setelah beberapa lama anda akan naik sabuk merah garis 2.

6. Hitam = dalam taekwondo warna hitam dilambangkan dengan kedalaman/kematangan dalam berlatih, pada tingkatan ini anda akan melewati DAN 1 sampai DAN 9.

nah itulah makna atau filososfi sabuk pada teknik beladiri taekwondo, sampai disini dulu ya....soalnya gue dah ngantuk banget nich...salam blogger pemula....



No comments:

Post a Comment