Bagian 1: Beladiri Pencak Silat Sunur - Pariaman - Sumatera Barat - Part 3



Sambungan 14


Posisi Tubuh Ketika Berdiri Dalam Teknik Beladiri Pencak Silat (Silek Tuo Minangkabau )

Sekarang kita masuk pada posisi badan pada waktu berdiri, setiap gerakan yang ada dalam pencak silat posisi badan harus selalu dalam keadaan lurus dan pandangan mata upayakan tetap pada lawan yakni setinggi mata lawan, lalu bagaimana kalau lawanya lebih tinggi dari kita?, ya pastinya tatap matanya.

1. Posisi Serong
Yang dikatakan serong adalah berlawanan kaki dengan bahu, misalnya: serong kiri, kaki kiri didepan dan bahu kanan harus kearah lawan dan posisi tangan tidak sebuah keharusan hanay disesuaikan dengan guna dan tujuan yang akan dilakukan pada saat itu.

2. Posisi Bujur
Yang dikatakan Bujur adalah: kedua kaki segaris begitu juga dengan bahu, misalnya : Bujur kiri, kaki kiri didepan kearah lawan dan kaki kanan dibelakang, hingga merupakan satu garis, seolah - olah hadap kanan, jadi bila kaki kiri didepan maka bahu kiri juga didepan sedangkan posisi tangan tidak mengikat artinya dapat disesuaikan dengan tujuan pada waktu itu.




3. Posisi Curie
Yang dikatakan curie adalah: lawan berada dibelakang, misalnya Curie Kiri, kaki kiri dimuka dan kaki kanan dibelakang ( lawan berada dibelakang kita ) dan bahu kiri harus mengarah pada lawan dan pandangan mata harus pada lawan melalui bahu kiri.

Demikian dulu Posisi Ketika berdiri dalam Teknik beladiri pencak silat pada saar kita berhadapan dengan lawan, nanti kita akan buka lagi bagaimana cara merubah posisi dalam teknik beladiri pencak silat ( Silek Tuo Minangkabau ).

BERSAMBUNG 15 







No comments:

Post a Comment